Optimalkan Peran BKMT untuk Kemaslahatan Umat

Optimalkan Peran BKMT untuk Kemaslahatan Umat

KalbarOnline, Melawi – Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Melawi menggelar rapat kerja (Raker), Minggu (8/8) di Aula MTsN 2 Nanga Pinoh.

Ketua Pelaksana Raker, Lilis Minarsih mengungkapkan Raker BKMT periode 2021-2026 ini agenda utamanya adalah penyusunan program kerja tahun 2021.

Lilis Minarsih menjelaskan, BKMT adalah forum bersama, tempat bersilaturahmi sekaligus menimba ilmu, bertukar pendapat dan pengalaman, tempat berkarya dan berkreasi bagi anggotanya.

Dikatakan Lilis, BKMT saat ini  lebih dikenal sebagai tempat kumpulnya para perempuan muslim Indonesia yang juga merupakan organisasi dakwah yang terfokus menghimpun dan memberdayakan kaum muslimin perempuan.

Sementara itu, Ketua BKMT Melawi, Kartika Sari Astuti, mengatakan kontribusi BKMT terfokus pada lima bidang yaitu bidang organisasi dan kelembagaan, bidang dakwah, bidang pendidikan dan pelatihan, bidang sosial kemasyarakatan serta bidang usaha dan kerjasama.

Baca Juga :  Rekapitulasi KPU Melawi, Midji-Norsan Unggul Dengan Perolehan 64.581 Suara

“Di luar program kerja utama, BKMT juga melaksanakan kegiatan penghimpunan dana sebagai bentuk kepedulian terhadap peristiwa bencana kebakaran, banjir  musibah yang menimpa umat islam baik di dalam maupun di luar negeri hingga peran BKMT Dioptimalkan untuk kemaslahatan umat,” kata Astuti.

Astuti berharap organisasi ini dapat terus berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah, organisasi masyarakat yang lain. BKMT menurutnya harus terus menunjukkan eksistensinya dalam mendorong percepatan pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten melawi.

Baca Juga :  Saluran BLT, Kades ke Warga: Terus Menerapkan Prokes

Astuti memaparkan, beberapa program yang telah disepakati dalam Raker antara lain dibidang kesekretariatan akan melakukan penataan administrasi kesekretariatan, penyelenggaraan berbagai program kegiatan dan melaksanakan pendataan anggota BKMT melawi yang tersebar di 11 wilayah kecamatan. Kemudian bidang organisasi dan kelembagaan memprogramkan pembentukan dan penyegaran kepengurusan BKMT di kecamatan.

“Bidang dakwah menyelenggarakan program tahsin. Bidang pendidikan dan latihan memprogramkan pelatihan fardhu kifayah, bidang sosial kemasyarakatan sosialisasi tentang penanggulangan penyebaran covid-19. Bidang usaha dan kerja sama dengan program utamanya pendataan, pembinaan dalam pengemasan dan pemasaran produk UKM milik anggota BKMT,” terangnya. (SR)

Comment