Upaya Tingkatkan Ketahanan Pangan Sekadau di Masa Pandemi

Upaya Tingkatkan Ketahanan Pangan Sekadau di Masa Pandemi

KalbarOnline, SekadauDalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19, Kepala Desa Tapang Perodah bekerjasama dengan PT. Agro Andalan melakukan penanaman padi musim gadu 2021.

Penanaman perdana dilakukan oleh Bupati Sekadau, Aron didampingi Kadis DKP3, Drs. Sandae, Kepala BPKAD, Iwan Karantika, Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari, General Manager PT. Agro Andalan, Imanuel Tibian, Kades Setawar, Kades Nanga Pemubuh dan Kades Tapang Perodah, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta sejumlah undangan lainnya, Kamis (24/6/2021).

Sebelum melakukan penanaman perdana, Bupati Aron beserta rombongan disambut dengan upacara adat Dayak Kerabat, yang dilanjutkan dengan penanaman perdana padi gadu 2021. Usai penenaman padi, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah di lokasi sawah.

Dalam sambutannya, Bupati Aron berharap agar ke depannya sumber daya yang dimiliki Sekadau dapat dioptimalkan. Sebab kata Aron, saat ini kebutuhan akan beras, sayur dan ikan selama ini dipasok dari luar.

“Padahal kita punya potensi, punya sumber daya. Maka dengan program kita IP3K, kebutuhan akan hal tersebut bisa kita penuhi dari daerah kita,” tegasnya.

Kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Sekadau, dia berharap dapat berkontribusi mensejahterakan masyarakat di sekitar perusahaan.

Baca Juga :  Kasus Terus Bertambah: Kamar Isolasi Covid-19 di Singkawang Penuh

“Itu sudah perintah Undang-undang,” ucapnya tegas.

Orang nomor wahid di Bumi Lawang Kuari ini pun meminta kepada dinas terkait, petugas penyuluh lapangan (PPL) agar konsen membina petani.

“Terkait Covid-19, di mana pun kita berada tetap mematuhi prokes. Bagaimanapun caranya kita harus memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Sebab Covid-19 bukan hanya masalah kita, tapi sudah menjadi masalah dunia,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Tapang Perodah, Cantong mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sekadau atas kunjungannya di Desa Tapang Perodah.

“Ini merupakan kunjungan perdana Bupati Sekadau sejak dilantik kembali pada 18 Juni 2021,” kata Cantong.

Cantong menambahkan, dalam penanaman gadu ini, pihaknya bekerjasama dengan PT. Agro Andalan yang sebagai motivator utama dan penyediaan benih, herbisida, pupuk serta bimbingan teknis penenaman padi gadu tahun 2021.

“Penanaman padi gadu di masa pandemi covid-19 ini merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Cantong.

Untuk diketahui kata Cantong lagi, saat ini tiga desa di wilayah kerja PT. Agro Andalan dan PT. Bintang Sawit Lestari sudah masuk PLN dan ini berkat kerjasama yang baik dari semua pihak.

“Meski ada sedikit persoalan dengan masyaratak terkait tanam tumbuh, itu akan segera kita selesaikan. Terima kasih kepada PT. Agro Andalan yang telah memfasilitasi kami tiga desa ini ke PT. PLN wilayah Kalbar sehingga jaringan PLN saat ini sudah dalam tahap pemasangan,” kata Cantong.

Baca Juga :  Petugas Gabungan Amankan Perayaan Paskah

Sementara Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari menyambut baik atas terobosan yang dilakukan oleh PT. Agro Andalan.

“Ini berdampak sangat baik dan merupakan salah satu solusi agar masyarakat tidak mengolah hutan untuk menjadi ladang,” ucap Camat.

Di tempat yang sama General Manager PT. Agro Andalan, Imanuel Tibian menyampaikan bahwa, melihat potensi yang ada di tiga desa yakni Desa Setawar, Pemubuh dan Tapang Perodah menggugah pihaknya untuk membuat program. Di mana tahun 2021 program pihaknya ada di dua desa dan dua kelompok tani yaitu kelompok tani Glotado Desa Setawar dan Jundak Mayang Mengurai di Desa Tapang Perodah.

“Untuk selanjutnya luasannya akan kita tambah sesuai dengan kondisi setempat,” ucapnya.

Sementara Kepala DKP3 Sekadau, Sandae mengatakan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap perugas penyuluh lapangan (PPL) supaya dipersiapkan dengan baik agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

“Kita di Sekadau selain padi juga ada jagung. Namun untuk jagung kita mengalami kesulitan pemasaran hasilnya,” pungkasnya.

Comment