by

BPBD Kapuas Hulu Dirikan Posko Siaga Karhutla

BPBD Kapuas Hulu Dirikan Posko Siaga Karhutla

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mendirikan posko siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk mengantisipasi Karhutla di daerah Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021.

“Kami sudah bentuk posko siaga Karhutla dan juga menghimbau semua kecamatan dan desa untuk siaga Karhutla, apalagi di perkirakan puncak kemarau Juli hingga Agustus mendatang,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu Gunawan, S.Sos, Rabu (24/02/2021).

Disampaikan Gunawan, posko siaga Karhutla itu bersinergi dengan tim gabungan seperti TNI, Polri, Sat Pol PP, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) serta komunitas penanggulangan bencana lainnya.

Menurut dia, dalam antisipasi Karhutla itu Pemkab Kapuas Hulu juga melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah di bentuk BPBD Kapuas Hulu di beberapa kecamatan atau desa yang rawan karhutla.

“Kami akan melakukan pemadaman langsung jika terjadi Karhutla nanti dengan melibatkan unsur teknis terkait yang ada di kecamatan, dengan upaya yang akan kita lakukan ini nantinya kita berharap bisa meminimalisir dampak Karhutla jika nanti terjadi,” ucap Gunawan.

Gunawan, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk bersama-sama menjaga agar tidak terjadi Karhutla, dengan tidak membakar lahan tanpa ketentuan, tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak melakukan pembakaran di sekitar kawasan hutan dan lahan.

“Karhutla itu akan terpantau langsung oleh pusat melalui satelit, jadi ini tidak main-main, apalagi instruksi langsung dari Presiden Jokowi yang juga di bahas melalui rapat secara virtual bersama presiden kemarin,” kata Gunawan.

BACA JUGA:  Kadisdikbud Minta CPNS Guru Komitmen Berdedikasi

Comment