Pemkot Pontianak akan Lebarkan Jalan Putri Candramidi

Pemkot Pontianak akan Lebarkan Jalan Putri Candramidi

Targetkan Tuntas Tahun 2022

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak berencana melebarkan Jalan Putri Candramidi Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, pelebaran jalan tersebut bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas. Sebagian besar lahan di kawasan itu juga sudah dibebaskan, tinggal proses sosialisasi kepada masyarakat.

“Lokasi tersebut sering terjadi kemacetan karena jalannya yang sempit. Target penyelesaian pada tahun 2022,” jelasnya usai membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Pontianak Kota di Hotel Golden Tulip, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga :  Nasionalis dan Berprestasi, Tokoh Sanggau Sebut Tak Ada Alasan Tidak Mendukung MIDJINORSAN Menuju Kalbar Baru

Selain itu, Edi menyebut pembangunan di kawasan Pontianak Kota masih terfokus pada penataan waterfront dan Pasar Tengah. Kemudian di Kecamatan Pontianak Kota juga akan dilanjutkan pengerjaan jalan Paralel Sungai Jawi yang masih belum tuntas. Termasuk penataan kawasan Jalan I Gusti Ngurah Rai yang akan dibuat trotoar dan taman.

“Pembangunan tersebut merupakan bagian dari perencanaan program kota baru,” sebutnya.

Untuk memperluas kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dirinya menilai pemakaman yang ada di Kota Pontianak termasuk wilayah Kecamatan Pontianak Kota memiliki potensi sebagai kawasan RTH. Dalam penataan pemakaman itu, butuh penataan yang rapi dan didisain menarik.

Baca Juga :  Masyarakat Sambut Positif Kampanye Sediakan Tempat Sampah Pada Kendaraan Roda Empat

“Sehingga pemakaman yang ada, selain sebagai destinasi religi, juga berfungsi sebagai penyerap air dengan adanya RTH,” tuturnya.

Edi menambahkan, pihaknya tengah menjajaki kawasan ekonomi baru. Menurutnya, lahan yang berpotensi menjadi kawasan ekonomi baru diantaranya wilayah perbatasan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya seperti di Pal Lima.

“Sehingga tidak semua menumpuk pada kawasan kota tapi pada daerah pinggiran juga harus ada sarana prasarana penunjang pengembangan ekonomi baru,” pungkasnya. (prokopim)

Comment