Si Kecil Hobi Corat-Coret Dinding? Bagaimana Mengatasinya?

4. Tunjukkan ekspresi kekecewaan Mums bila si kecil masih corat-coret dinding, bukan kemarahan.

Setiap kali memergoki si kecil masih mencoret-coret dinding atau lantai, tunjukkan ekspresi kekecewaan Mums daripada marah-marah. Biasanya, bila respon Mums berupa marah-marah dan bahkan menghukum anak begitu saja, maka si kecil cenderung malah melawan balik atau berusaha melakukan hal serupa dengan sembunyi-sembunyi.

Baca Juga :  Mums, Ingat 5 Hal Ini Ketika Bertengkar dengan Dads

Namun, anak balita biasanya lebih cepat menangkap emosi orang tua dan lebih bisa berempati. Bila sadar perbuatannya membuat Mums sedih, ada kemungkinan anak akan sadar mengenai yang mana yang benar atau salah.

Tunjukkan juga pengertian Mums bahwa ya, si kecil memang senang mewarnai. Arahkan ke tempat yang seharusnya, jadi anak tidak perlu merasakan adanya larangan untuk melakukan kegiatan yang disukainya.

Baca Juga :  Harus Bagaimana ketika Anak Menangis saat Mau ke Sekolah?

Si kecil hobi corat-coret dinding atau lantai rumah? Mari arahkan kreatifitasnya ke tempat lain yang lebih sesuai, agar dinding dan lantai Mums tidak menjadi kanvas dadakan.

Baca juga: Menggambar dan Mewarnai, Kegiatan Seru dan Bermanfaat Bagi Anak

Sumber:

https://parenting.firstcry.com/articles/your-baby-wont-be-spoiling-your-walls-with-her-scribbling-with-these-4-easy-tricks-in-place/

https://howtoadult.com/toddlers-write-walls-16290.html

https://www.bartelart.com/arted/wallscribblers.html

https://www.wikihow.com/Get-a-Toddler-to-Stop-Drawing-on-Walls

Comment