Kelebihan Memilih Sekolah Asrama untuk Pendidikan Anak

KalbarOnline.com – Sekolah asrama atau boarding school sudah banyak bermunculan di Indonesia baik yang berkonsep internasional maupun berbasis keagamaan. Kehadiran lembaga pendidikan macam ini menggeser stigma yang ada di benak orang tua sejak dulu jika anak mereka harus belajar di sekolah negeri.

Ini bukan tanpa alasan, meskipun biaya boarding school memang tidak murah, namun ini sebanding dengan apa yang nantinya akan diperoleh anak dari berbagai kelebihan yang dimilikinya.  Anak bisa memperoleh pendidikan berkualitas lewat berbagai fasilitas hingga pengajar yang bermutu sehingga potensi yang dimiliki anak bisa berkembang lebih maksimal.

Dari sisi orang tua pun juga lebih efisien, karena tidak perlu mengantar jemput anaknya lagi. Umumnya jarak dari asrama ke sekolahnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Apa Saja Kelebihan dari Sekolah Asrama?

Meskipun tren sekolah sudah bergeser, kamu harus tetap memastikan jika sekolah yang nantinya akan dijalani oleh anak bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk mereka. Untuk itu, kamu harus tahu dulu apa saja kelebihan sekolah asrama untuk anak berikut ini.

1. Program Pendidikan yang Komprehensif

Di sekolah biasa umumnya guru hanya memberikan pelajaran sesuai dengan kurikulum akademik yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud saja. Sedangkan aspek lain yang mendukung kemampuan para siswa kurang menjadi perhatian.

Sedangkan boarding school menerapkan pembelajaran yang lebih komprehensif, jadi bukan hanya fokus pada kurikulum akademik saja, tapi juga diberi pembelajaran di luar kurikulum yang dapat membantu memperkuat karakter anak didik.

Baca Juga :  Tips Menjaga Imunitas Anak dengan Kanker Selama Pandemi

2. Lingkungan Pendidikan yang Kondusif dan Lebih Disiplin

Sesuai namanya, sekolah asrama akan membuat siswa selalu berada di pemantauan sekolah selama 24 jam per harinya.  Siswa hanya boleh keluar lingkungan sekolah jika musim liburan atau memperoleh izin dari sekolah dengan alasan yang jelas.

Kondisi seperti ini sangat membantu orang tua menghindari anak dari pergaulan bebas yang membahayakan diri dan masa depannya. Selain itu, konsep boarding school menerapkan pembelajaran yang lebih terarah dan spesifik.

Anak pun juga bisa belajar disiplin. Setiap anak di sekolah berasrama wajib mengikuti jadwal yang sudah ditentukan, mulai dari bangun tidur, mandi, makan, belajar hingga istirahat sesuai jam yang ditentukan. Dengan kebiasaan yang teratur seperti itu, membuat anak jadi lebih menghargai waktu dan disiplin.

3. Siswa dari Berbagai Latar Belakang

Yang tidak dimiliki oleh sekolah biasa lain adalah siswa yang heterogen atau multikultural. Anak yang belajar di sekolah berasrama berkesempatan untuk bertemu dengan anak-anak atau guru lain yang berasal  dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Jadi, anak juga bisa sekaligus menumbuhkan dan mengembangkan sikap toleransi, saling menghargai orang lain, dan belajar budaya baru.

4. Para Pengajar yang Berkualitas dan Kompeten

Para pengajar yang ada di boarding school biasanya dipilih yang benar-benar berkualitas dan memiliki kompetensi ahli di bidangnya. Tak jarang sekolah ini juga memiliki guru yang berasal dari luar negeri atau lulusan luar negeri. .

Baca Juga :  Bamsoet: PSBB Ketat Harus Dibarengi Sanksi Keras     

Maka jangan heran kalau siswa dan lulusan boarding school kebanyakan memiliki prestasi yang di bidang akademik dan non akademik. Dengan pengajar kompeten, maka sang guru bisa memberikan pengajaran yang berkualitas.

5. Sarana dan Fasilitas Modern yang Lengkap

Keunggulan lainnya bisa dilihat dari sarana dan fasilitas yang tersedia di sekolah asrama memang jauh lebih lengkap dari sekolah negeri atau swasta biasa. Maka dari itu, tidak heran jika biaya yang dikenakan orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah berasrama pasti akan jauh lebih mahal. Namun ini akan sebanding dengan kualitas serta fasilitas yang optimal.

Contohnya di SMA Dwiwarna (Boarding School) sendiri tersedia berbagai fasilitas penunjang selain ruang kelas, yaitu lapangan futsal,  sepak bola, basket, area panahan, lab bahasa, kamar asrama putra dan putri, perpustakaan, ruang makan, ruang musik, green house, laboratorium biologi, laboratorium fisika, masjid, dan masih banyak yang lain.

SMA Dwiwarna (Boarding School) yang berdiri sejak 1998 ini juga berakreditasi A dan fokus menerapkan bahasa asing bukan hanya bahasa inggris, tapi juga Jerman dan Jepang. Bukan cuma itu, kami juga bekerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan internasional untuk memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi siswa.

Bagaimana cukup lengkap bukan? Tunggu apalagi, yuk segera daftarkan diri ke website www.smadwiwarna.sch.id sekarang juga untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan terbaik dari SMA Dwiwarna (Boarding School).

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment