Peningkatan Desa Mandiri jadi Kado Spesial HUT ke-64 Pemprov Kalbar

Peningkatan Desa Mandiri jadi Kado Spesial HUT ke-64 Pemprov Kalbar

Optimis 2021 Kalbar bebas dari desa sangat tertinggal

KalbarOnline, Pontianak – Peningkatan indeks desa membangun dengan status desa mandiri di Kalimantan Barat menjadi salah satu kado spesial pada HUT ke-64 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan data yang ada, terdapat 214 desa mandiri di Kalbar dari yang sebelumnya hanya satu.

“Saya ucapkan terima kasih secara mendalam kepada jajaran Polda Kalbar dan Kodam XII/Tanjungpura dengan program indeks desa membangun yang kita ingin capai adalah status desa mandiri sebanyak mungkin. Kita sudah berhasil mewujudkan dari 1 desa mandiri sekarang sudah ada 214 desa mandiri di Kalbar bahkan ini terbanyak dari sisi persentase desa di satu provinsi di Indonesia,” ujar Gubernur Kalbar, Sutarmidji dalam pidatonya saat upacara HUT ke-64 Pemprov Kalbar, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Minta Para Caleg Kampanyekan Visi Misi dan Jual Program

Selain meningkatnya jumlah desa mandiri, diikuti pula dengan menurunnya desa sangat tertinggal. Tak tanggung-tanggung, dari 670an desa sangat tertinggal yang ada di Kalbar, kini hanya tersisa 12 desa yang berstatus desa sangat tertinggal. Dengan capaian itu, Midji optimis Kalbar di tahun 2021 ini akan bebas dari yang namanya desa sangat tertinggal.

Baca Juga :  Pemkab Kapuas Hulu Wacanakan Pembangunan Jembatan Kapuas II

“Insya Allah tahun ini sinergitas itu akan semakin kita tingkatkan dan saya yakin Kalbar di tahun 2021 akan bebas dari desa sangat tertinggal,” tegasnya.

Bahkan, disampaikan Midji, di Kabupaten Kayong Utara saat ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal. Ada pula tiga kabupaten di Kalbar yang berpeluang terbebas dari desa tertinggal di tahun 2021 ini.

“Mudah-mudahan ini bisa kita wujudkan sehingga Kalbar yang pembangunannya kita mulai dari desa betul-betul bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Comment