DKI Jakarta Juga Rekor Covid-19, Sehari 2.402 Kasus

KalbarOnline.com – Indonesia memecahkan rekor penambahan kasus Covid-19 harian pada Rabu (6/1) sebanyak 8.854 kasus. DKI Jakarta juga mencatat rekor harian tertinggi sebanyak 2.402 kasus sehari. Sebelumnya DKI Jakarta sempat mencatat kasus tertinggi pada 23 Desember lalu sebanyak 1.954 orang.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan di beberapa daerah, keterisian tempat tidur ICU dan isolasi per 2 Januari melebihi 70 persen. Yaitu terjadi di DKI Jakarta, Banten, Jogjakarta, Jawa Barat, Sulawesi Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Menurutnya perkembangan kasus positif Covid-19 mingguan memperlihatkan kembali kenaikannya, dan kenaikannya minggu ini sebesar 7,3 persen dibanding minggu sebelumnya. Minggu ini 3 dari 5 provinsi kenaikan kasus tertinggi berada di Pulau Jawa. Yaitu Jawa Barat naik 2.250 kasus, DKI Jakarta naik 502 kasus, Jawa Tengah naik 457 kasus, Sulawesi Tengah naik 391, dan Sulawesi Selatan naik 295 kasus.

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Inpres, Satgas Covid-19: Bukti Keseriusan Pemerintah

Baca Juga: Pecah Rekor Lagi, Sehari Pasien Covid-19 Tambah 8.854 Orang

“Provinsi DKI Jakarta, Jateng, dan Sulsel masih tetap berada di peringkat kasus teratas kenaikan tertinggi secara nasional,” jelasnya.

Perkembangan kasus kematian Covid-19 mingguan memperlihatkan sedikit kenaikan 0,3 persen dibandingkan minggu sebelumnya, mengingat pada minggu lalu tren kenaikannya 20 persen. Provinsi kenaikan kematian tertinggi ini berasal dari Jawa Timur naik 53 kasus, Kalimantan Utara naik 20 kasus, DKI Jakarta naik 20 kasus, Sulawesi Utara naik 15 kasus dan Lampung naik 12 kasus.

Baca Juga :  Amnesty Nilai Pendekatan Keamanan dalam Merespons Pandemi Berlebihan

DKI Jakarta mencatat jumlah pasien sembuh harian sebanyak 1.063 orang. Dan angka kematian harian sebanyak 16 jiwa. Jumlah itu masuk dalam 3 provinsi dengan kematian tertinggi diawali oleh Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment