Jokowi Sedang Menyiapkan Pemimpin Masa Depan dari Kalangan Teknokrat

KalbarOnline.com – Founder Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat mengatakan, Presiden Joko Widodo dinilai sedang mempersiapkan pemimpin masa depan dari kalangan teknorat. Hal ini terlihat dari pemilihan sejumlah menteri baru yang memiliki track record profesionalitas, kesuksesan dan keahlian yang mumpuni.

“Kebetulan saja beberapa di antaranya seperti Bu Risma, Sandiaga Uno juga bisa menjadi representasi kekuatan politik, Jadi win-win solution. Teknokrat iya, keterwakilan politik juga iya,” ujar Hasan dalam keternagan tertulisnya pada wartawan, Rabu, (23/12).

Hasan menduga reshuffle kabinet kali ini sebagai kode Jokowi agar pondasi pembangunan yang diletakannya saat ini
harus dikawal dan disempurnakan oleh pemimpin masa depan dari kalangan teknokrat.

Baca Juga :  Din Syamsuddin Minta Jokowi Tak Buat Gaduh Masyarakat  

“Bukan mustahil, teknokrat-teknokrat yang hari ini bercokol di kabinet akan jadi calon pemimpin penerus Jokowi berikutnya. Tentu saja kalau mereka punya prestasi dan bisa menjaga integritas,” tambahnya.

Baca Juga: Tepat Rabu Pon, 6 Menteri Baru Jokowi Bakal Dilantik di Istana

Baca Juga: Prabowo Sudah Restui Sandiaga Uno Jika Dipilih Jokowi Jadi Menteri

Bahkan, menurut Hasan, Presiden ke- 7 itu juga ingin menggeser perdebatan di masa depan menjadi perdebatan teknokratis, prestasi, dan programatik. Sehingga, tidak ada lagi isu-isu populisme seperti agama, nasionalisme dan lain lain yang mengisi ruang publik.

Baca Juga :  Buka Rakernas II IKA-PMII, Menko Muhadjir Singgung Desain Besar Pembangunan SDM dan Kebudayaan Indonesia

Sebab menurutnya, perdebatan populisme memiliki mutu yang sangat rendah namun besar bahayanya buat bangsa. Menimbulkan perkubuan politik yang sulit untuk dijembatani.

“Makanya hari ini beliau kesampingkan perkubuan politik, masukkan orang-orang yang ahli dan punya btrack record keberhasilan, meskipun berasal dari kubu politik yang berbeda,” pungkasnya.

Comment