Dua Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas Muda di Divisi Teratas Liga

KalbarOnline.com-Dua pemain naturalisasi, Brandon Jawato dan Lester Prosper, masuk dalam skuad timnas muda. Tim bernama Indonesia Patriots tersebut diproyeksikan bermain pada divisi teratas basket Indonesia alias IBL musim 2021. Ajang itu dijadwalkan bergulir mulai 15 Januari.

Hari ini (14/12), PP Perbasi merilis nama-nama pemain timnas elite muda yang memperkuat Indonesia Patriots di IBL 2021.

Total ada 17 pemain yang dipanggil untuk mengikuti program pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi kompetisi IBL 2021.

Baca Juga: Bermodal Dua Pemain Naturalisasi, Timnas Target Kalahkan Korea Selatan

Program timnas elite muda dipimpin oleh Wahyu Gunarto. Duduk di posisi manajer adalah mantan shooter tim nasional Andy “Batam” Poedjakesuma. Sedangkan pelatih kepala diemban oleh eks pemain timnas lainnya, Youbel Sondakh.

Baca Juga :  Dihajar Sangat Brutal, Pendarahan Otak, Mengaku Beruntung Masih Hidup

Sebanyak 17 pemain itu rencananya akan melakukan training camp (TC) di Bandung mulai 16 Desember 2020 hingga 14 Januari 2021.

“Dalam surat pemanggilan ini terdapat nama Brandon Jawato dan Lester Prosper. Mereka akan berlatih dan bermain bersama para pemain Timnas Elite Muda sebagai persiapan menghadapi windows ketiga FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers pada Februari 2021,” kata Andy Batam dalam keterangan tertulisnya.

“Ada beberapa nama yang oleh karena satu atau dua hal tidak tercantum di daftar pemain yang dipanggil dan masuk roster untuk IBL 2021. Antara lain Derrick Michael, Andre Lensun, Fernando Manansang dan Jason Winata. Mereka tetap kami pantau untuk kelanjutan program timnas elite muda,” tambah Batam.

Brandon Jawato dan Lester Prosper sebetulnya sudah bermain bersama Indonesia Patriots pada IBL musim 2020. Dari total 13 laga, Jawato rata-rata mencetak 16,6 poin, 6,5 rebound dan 1,7 assist pergame.

Sementara itu Prosper mencetak rata-rata 18,2 poin, 13,3 rebound, dan 1,7 assist pergame.

PP Perbasi sebelumnya telah melakukan seleksi pemain timnas muda pada November lalu. Mereka yang lolos akan ikut meramaikan IBL 2021 dengan nama Indonesia Patriots. Nama itu juga digunakan oleh timnas senior pada IBL musim lalu.

Baca Juga :  Unggul Jauh Lalu Dilibas Ganda No 1 Indonesia, Pasangan Prancis Kesal

Sementara itu, para pemain timnas senior yang musim lalu tergabung di Indonesia Patriots akan bermain untuk klubnya masing-masing.

Keikutsertaan timnas elite muda di IBL 2021 merupakan salah satu langkah Perbasi dalam mempersiapkan pelapis timnas senior Indonesia menuju FIBA World Cup 2023.

Comment