DPR Ajak Masyarakat Kawal Pencoblosan Pilkada Besok

KalbarOnline.com – 270 daerah di Indonesia, tepatnya 9 provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten bakal menggelar pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 besok Rabu (9/12/2020) . Banyak pihak khawatir Pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 bisa menjadi klaster baru dan dapat mempengaruhi kualitas pilkada.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPR Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin mengajak semua elemen masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap pilkada dan mengawal pelaksanaan pilkada.

“Kesuksesan Pilkada membutuhkan dukungan seluruh pihak. Kita berharap peran serta seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam melakukan pengawalan serta pengawasan secara aktif dalam rangka mengawal jalannya demokrasi di Indonesia,” kata Azis kepada wartawan, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga :  Mantan Suami Putri Diana, Pangeran Charles Positif Virus Corona

Mantan Ketua Komisi III DPR ini pun menegaskan urgensi sinergi antara TNI-Kepolisian dengan penyelenggara pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada.

“Aparat keamanan harus dapat mendeteksi dini hal-hal yang berpotensi untuk mengganggu suksesnya pelaksanaan Pilkada. Misalnya, memerangi berita bohong (hoaks) yang beredar di masyarakat, menghindari konflik pada saat pemungutan suara, penegakan protokol kesehatan, dan yang lainnya. Aparat keamanan perlu bekerja sama dengan penyelenggara pemilu,” kata Azis.

Baca Juga :  Sekda DKI dan Walikota Jakbar Positif Covid-19

Karena Pilkada kali ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menekankan pentingnya pelaksanaan pilkada dengan protokol kesehatan dalam proses pilkada, khususnya dalam tahapan pemungutan suara besok.

“Pelaksanaan tahapan Pilkada harus diiringi dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat, penyelenggaraannya pun juga perlu disertai dengan penegakkan hukum dan sanksi tegas. Perhatikan dan patuhi Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada di Tengah Pandemi COVID-19,” katanya.

“Sebagai penutup, saya berharap penyelenggaraan Pilkada kali ini berjalan sukses, lancar, dan berjalan sesuai harapan,” kata legislator Dapil Lampung ini. [rif]

Comment