Dinkes Kubu Raya Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

Dinkes Kubu Raya Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

KalbarOnline, Kubu Raya – Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan menyatakan produk vaksin covid-19 yang akan diberikan secara massal kepada masyarakat dapat dipertanggungjawabkan kehalalannya. Hal tersebut telah diuji secara ilmiah oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kalau tidak ada ucapan dari Menteri Kesehatan tentang kehalalan dari MUI tentu penerapannya menjadi rumit untuk dikalangan masyarakat. Kemarin pada saat Rakor terbatas tentang pengadaan vaksin dalam rangka penanggulangan pandemi covid-19, kehalalan tersebut telah disampaikan secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI,” tuturnya, di Sui Raya, Senin (7/12/2020).

Baca Juga :  Peredaran Narkoba, Kades Serdam : Waspadai Warga Tidak Menetap

Hal yang tak kalah pentingnya sambung Marijan mekanisme pendistribusian vaksin tersebut, baik dari provinsi ke kabupaten, maupun kabupaten ke Puskesmas serta puskesmas ke masyarakat. Wajib untuk memperhatikan suhu dan lantai dingin pada vaksin tersebut.

“Agar fungsi dari vaksin tersebut tetap terjaga. Jangan sampai begitu tiba dimasyarakat tidak berfungsi lagi,” tegas Marijan.

Baca Juga :  MTQ VIII tingkat Kecamatan Sungai Kakap 2023 Akan Digelar di Desa Punggur Kapuas

Terkait dengan target dari vaksin tersebut, Marijan menegaskan akan memprioritaskan para tenaga kesehatan terutama yang berada di Rumah Sakit, Puskesmas serta para lansia. Lebih jauh kata Marijan, sekitar 1400 orang tenaga kesehatan yang akan diutamakan.

“Insya Allah vaksin Covid-19 itu, diberikan secara gratis. Hanya kita tidak bisa pastikan kalau di swasta,” terangnya. (ian)

Comment