MTQ Nasional di Padang Bakal Dibuka Jokowi Secara Virtual, Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

KalbarOnline.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXVIII akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo secara virtual pada Sabtu malam (14/11/2020). Sementara Menteri Agama akan menghadiri langsung pada upacara pembukaan MTQ ke-28 yang akan dilaksanakan di Stadion Sikabu, di Kabupaten Padang Pariaman.

“Presiden akan membuka secara virtual. Yang hadir secara langsung adalah Menteri Agama Fachrul Razi,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Jumat (13/11/2020) dikutip dari Republika.

Irwan menyebut walau dilangsungkan di masa pandemi, penyelenggaraan MTQ sudah dirancang dengan protokol kesehatan yang ketat supaya MTQ tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

Baca Juga :  Dipicu Rebutan Wilayah, Begini Kronologi Bentrokan Ormas FBR dan PP di Lenteng Agung

Meski dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan MTQN ke-28 dipenuhi optimisme seluruh peserta, panitera, dewan hakim, dan masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Disediakan hand sanitizer, fasilitas cuci tangan, dan jaga jarak di seluruh arena MTQN, baik saat pendaftaran, malam ta’aruf, pembukaan, pelantikan dewan hakim hingga saat perlombaan.

“Kita lakukan protokol kesehatan secara ketat, setiap kafilah yang datang tetap kita lakukan pemeriksaan yang mengacu pada protokol Covid-19, seperti pemeriksaan swab test. Semua ini kita lakukan untuk antisipasi agar virus corona tidak menyebar di Sumbar.

Baca Juga :  Bukan ke Sandiaga, DPD Gerindra DKI Bulat Dukung Prabowo Menjadi Ketua Umum

Sejak kemarin, tahapan MTQ sudah mulai berlangsung. Pada MTQN ke-28 di Sumbar ini, sebanyak 1.476 peserta siap mengikuti 8 cabang musabaqah. Dua peserta menyatakan diri tidak mengikuti MTQN ke-28, yakni Yogyakarta dan NTT, dikarenakan pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

MTQ Nasional ke 28 ini diikuti 1.476 peserta dari 32 provinsi. Sampai Jumat (13/11) sore, sudah 29 kontingen mendarat di Kota Padang dan melakukan registrasi.

Comment