Singapura Bentuk Tim Ahli Percepatan Strategi Vaksinasi Covid-19

KalbarOnline.com – Singapura membentuk komite khusus beranggotakan 14 orang untuk membahas strategi vaksinasi Covid-19 yang akan mulai dilaksanakan pada 2021 nanti. Tim khusus itu ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura untuk membuat rekomendasi kepada pemerintah tentang strategi vaksinasi dan memastikan penggunaan vaksin yang aman dan efektif.

Pada Kamis (12/11) Kemenkes mengatakan dalam rilis pers bahwa komite tersebut diketuai oleh Associate Professor Benjamin Ong sebagai penasihat senior untuk direktur layanan medis. Dia juga wakil presiden senior (pendidikan dan sumber daya kesehatan) di National University of Singapore (NUS).

Baca juga: Diklaim 90 Persen Manjur, Singapura Jajaki Pembelian Vaksin Pfizer

Panitia terdiri dari para ahli penyakit menular, imunologi dan bidang terkait lainnya. Anggotanya termasuk kepala ilmuwan kesehatan dan direktur eksekutif Kantor Transformasi Kesehatan Depkes, Profesor Tan Chorh Chuan; kepala eksekutif di Konsorsium Riset Klinis dan Inovasi Singapura, Dr Danny Soon; dan wakil presiden perawatan kesehatan dan kebugaran di Dewan Pengembangan Ekonomi, Dr Lisa Ooi.

Baca Juga :  Di Pilpres 2020, Donald Trump Gandeng Mike Pence karena Setia

“Komite ahli akan memanfaatkan keahlian ilmiah dan klinis untuk menilai kandidat vaksin, dan merekomendasikan vaksin yang sesuai untuk digunakan melawan Covid-19 di Singapura saat tersedia,” kata Kemenkes Singapura seperti dilansir dari Straits Times, Kamis (12/11).

Kementerian Kesehatan Singapura menambahkan bahwa peran komite adalah untuk mempertimbangkan informasi dan penilaian terbaru dari vaksin Covid-19. Dan, termasuk memantau secara dekat lanskap pengembangan vaksin global dan sikap institusi seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Saat data klinis terbaru dari kandidat vaksin muncul, komite ahli akan menilai keamanan, kemanjuran, dan kesesuaiannya untuk digunakan oleh berbagai segmen populasi Singapura. Lalu kemudian akan membuat rekomendasi mengenai administrasi vaksin untuk segmen populasi tertentu dan strategi vaksinasi keseluruhan untuk Singapura.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Minta Harga Vaksin Covid-19 Terjangkau Masyarakat

Komite tersebut pertama kali diumumkan kepada publik dalam konferensi pers 10 November. Kemenkes mengatakan komite ahli sudah mulai bekerja pada 5 Oktober.

Tim telah bertemu secara teratur dalam sebulan terakhir untuk membahas profil berbagai kandidat vaksin, serta kondisi untuk penyebaran vaksin. Prof Ong mengatakan pada Kamis (12/11) bahwa karena semakin banyak kandidat vaksin tersedia, maka tim akan memastikan bahwa vaksin aman dan efektif. Terutama karena tidak semua vaksin cocok untuk semua segmen populasi.

“Keamanan warga Singapura adalah prioritas utama kami, dan beragam keahlian di antara tim komite akan menempatkan kami pada posisi yang baik saat kami mempertimbangkan strategi untuk penerapan vaksinasi Covid-19 di Singapura,” tegasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment