Apa yang Harus Dilakukan Jika Gerakan Janin Melambat?

Di trimester kedua kehamilan, bayi akan mulai berkembang. Itulah kenapa, saat usia kehamilan menginjak 16 minggu, Mums sudah bisa merasakan pergerakan bayi di kandungan. Walaupun biasanya, ibu hamil akan merasakan pergerakan bayi saat kandungan berusia 18 hingga 24 minggu. Jika ini kehamilan pertama, Mums mungkin tidak mengenali gerakan bayi hingga usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Gerakan bayi di dalam rahim dikenal sebagai gerakan janin atau tendangan. Yang perlu diketahui ialah, gerakan bayi di kandungan dapat berubah seiring perkembangan kehamilan Mums lho! Yang pasti, di trimester kedua kehamilan, bayi mulai melakukan pergerakan dan perkembangan. Namun, tidak ada jumlah pasti gerakan normal yang harus Mums rasakan karena setiap bayi berbeda. Biar gak penasaran, yuk cari tahu bagaimana pergerakan bayi Mums di kandungan.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tendangan Bayi dalam Kandungan

Pergerakan Janin di Kandungan Tanda Mereka Sehat

Dari usia 18 hingga 24 minggu, Mums akan merasakan gerakan bayi semakin sering. Setelah 32 minggu, gerakannya akan tetap sama sampai Mums melahirkan. Tidak benar bahwa bayi bergerak lebih sedikit menjelang kehamilan. Ibu hamil harus terus merasakan bayi bergerak saat akan melahirkan dan selama persalinan. Maka dari itu, Mums harus mengenali tendangan dan gerakan normal bayi di kandungan.

Jika khawatir dengan gerakan bayi yang melambat, berhenti, atau berubah, segera hubungi dokter kandungan untuk mengetahui apa yang terjadi. Bagaimana pun, pergerakan bayi di kandungan merupakan tanda bahwa mereka sehat. Jika bayi kurang bergerak atau mengalami perubahan, bisa menjadi tanda bahwa bayi tidak sehat. Mums harus mendapatkan perawatan secepat mungkin agar bisa menyelamatkan nyawa bayi di kandungan.

Baca Juga :  Mengenal IPC dan Perbedaannya dengan Zat Besi Biasa

Selama trimester kedua kehamilan, bayi tidak hanya bergerak, tapi juga mengalami pertumbuhan. Di awal trimester kedua, ukuran bayi hanya berkisar 7,3 sentimeter dengan berat 0,81 ons. Ketika umur kandung mencapai 27 minggu, ukuran janin akan berkembang menjadi 36,5 sentimeter dan berat 0,8 kg. Pengukuran tersebut berdasarkan benjolan di perut atau jarak dari tulang kemaluan ke bagian atas perut Mums.

Pengukuran dilakukan sebagai cara untuk memastikan bayi tumbuh. Saat usia kehamilan mencapai 16 minggu, tali pusat sudah berkembang sempurna. Di minggu ke-18, mereka sudah bisa mendengar. Detak jantung Mums adalah suara yang mereka dengar. Saat usia kehamilan 25 minggu, mereka akan merespons suara Mums, hingga akhirnya, di akhir trimester kedua, mereka akan mendengar suara Dads.

Itulah kenapa, penting bagi Mums dan Dads untuk mulai mengajak bicara bayi di trimester kedua kehamilan. Dan, jangan lupa untuk memutarkan lagu favorit Mums dan Dads juga ya!

Baca juga: Ketahui Pergerakan Janin pada Ibu Hamil dengan Kondisi Obesitas

Api yang Harus Dilakukan Jika Gerakan Janin Melambat?

Mums mungkin kurang menyadari gerakan bayi di kandungan saat sibuk. Selain itu, jika plasenta berada di depan rahim, tidak mudah bagi ibu hamil untuk merasakan gerakan bayi.

Jika punggung bayi berbaring di depan rahim, Mums mungkin merasakan lebih sedikit gerakan daripada jika punggungnya berbaring di samping punggung Mums. Tapi, jangan berasumsi bahwa inilah sebabnya Mums tidak bisa merasakan pergerakan bayi.

Bisakah Mums membuat bayi di kandungan bergerak? Tidak. Mums tidak boleh membuat bayi di kandungan bergerak. Meskipun Mums mengira dapat mendeteksi detak jantung bayi, bukan berarti bayi di kandungan baik-baik saja lho! Mums perlu menjalani pemeriksaan oleh dokter kandungan atau bidan dengan mesin kardiotokografi.

Baca Juga :  Apa Hubungan Diabetes dan Bau Mulut?

Kehamilan kurang dari 24 minggu:

  • Hubungi bidan atau dokter kandungan apabila Mums tidak pernah merasakan bayi di kandungan bergerak selama 24 minggu. Mereka akan memeriksa detak jantung bayi Mums di kandungan. Selain itu, Mums mungkin akan menjalani pemindaian ultrasound dan besar kemungkinan dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Saat usia kehamilan 24 hingga 28 minggu:

  • Segera hubungi bidan atau dokter kandungan karena besar kemungkinannya Mums akan menjalani pemeriksaan antenatal lengkap yang mencakup pemeriksaan ukuran rahim, mengukur tekanan darah dan tes urine untuk mengetahui kadar protein Mums. Jika ukuran rahim lebih kecil atau lebih besar dari yang diharapkan, mungkin saja Mums akan menjalani pemindaian ultrasound untuk memeriksa pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Usia kehamilan lebih dari 28 minggu:

  • Segera hubungi dokter kandungan atau bidan. Mums akan menjalani pemeriksaan antenatal lengkap, di mana detak jantung bayi akan dipantau untuk mengetahui kesehatannya. Pemeriksaan detak jantung bayi dilakukan dengan monitor kardiotokograf. Pemindaian ultrasound dapat dilakukan jika rahim Mums lebih kecil atau lebih besar dari yang diharapkan, memiliki kehamilan berisiko tinggi, detak jantung bayi normal tapi gerakannya melambat atau berkurang.
Baca juga: Menghitung Tendangan Janin Itu Penting, Lho!

Referensi:

Tommy’s. Baby movements in pregnancy

babylist. Second Trimester of Pregnancy

Comment