by

Trimester 1 Kehamilan, Momen Penting Perkembangan Janin

Kehamilan tentu saja menjadi momen bahagia bagi pasangan suami istri. Mungkin bagi Mums yang baru merasakan pertama kali hamil, awalnya akan merasakan kaget karena perubahan kondisi fisik juga psikis. Hal yang wajar kok Mums!

Ada 3 masa kehamilan yang akan Mums lalui yang disebut sebagai trimester. Setiap trimester dilalui dalam waktu 3 bulan. Dalam tulisan kali ini, kita akan mengenal lebih dalam tentang trimester pertama, Mums.

Mengapa trimester pertama sering disebutkan sebagai momen penting? Dalam masa inilah pembentukan organ-organ vital bayi terjadi. Pada masa ini juga, tubuh ibu hamil mengalami perubahan-perubahan seiring perkembangan janin.

Kurang lebih selama 3 bulan atau 12 minggu trimester pertama akan dihadapi Mums. Setiap minggu, janin terus mengalami perkembangan luar biasa. Yuk Mums kita cari tahu.

Baca juga: Mums, Kenali Gejala Kehamilan Aneh dan Tidak Biasa Ini!

Momen Penting Perkembangan Janin di Trimester 1

Setiap minggu adalah momen yang berharga untuk perkembangan janin. Berikut ini momen penting perkembangan janin di minggi-minggu trimester 1:

Minggu ke 0 – 3

Perkembangan bayi dimulai sejak sperma dan sel telur (ovum) bertemu dan terjadi pembuahan. Perkembangan terus terjadi dan pada minggu ketiga, mulai terbentuk embrio yang terdiri dari tiga lapisan sel. Pada minggu kedua, embrio terdiri dari dua lapissan sel (bilaminer), minggu ketiga menjadi tiga lapis (trilaminer).

Minggu ke-4

Pada minggu ke-4 ini, embrio sudah dikelilingi oleh kantung yang berisi cairan ketuban. Begitu pula plasenta, berada dalam tahap awal perkembangannya. Plasenta berfungsi sebagai organ penghubung antara ibu dan janin untuk memberi nutrisi dan oksigen kepada janin Mums.

Pada minggu ke-4 ini juga, sel-sel dari plasenta memproduksi hormon human chorionic gonadotrophin (hCG). Hormon inilah yang memberikan tanda positif (dua garis) pada tes kehamilan Mums.

BACA JUGA:  Sudah Trimester 2, Tapi Perut Mums Belum Terlihat Besar. Apakah Itu Normal?

Minggu ke-5

Di minggu ini, plasenta terus mengalami perkembangan guna memastikan suplai darah yang baik ke janin. Embrio yang telah terdiri dari 3 lapisan sel ini akan berkembang menjadi akan menjadi cikal bakal organ tubuh vital seperti saraf, jantung, paru, dan lainnya.

Lapisan luar sel membentuk tabung saraf. Di sinilah otak, tulang punggung, sumsum tulang belakang, dan saraf bayi Mums akan berkembang. Begitu pula dengan kulit, rambut, dan kuku berkembang dari lapisan ini.

Lapisan tengah sel adalah tempat kerangka dan otot tumbuh. Jantung dan sistem sirkulasi darah juga terbentuk di lapisan ini. Sedangkan, lapisan dalam sel akan menjadi cikal bakal paru-paru, usus dan saluran kemih.

Konsumsi asam folat dari usia kehamilan 5 sampai 12 minggu menjadi pilihan tepat Mums karena akan mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf.

Minggu ke-6

Pada minggu ke-6 jantung bayi mulai kelihatan berdetak dan saat Mums melakukan USG akan terdengar detak jantung bayi. Mulai terbentuk bintik-bintik gelap di mana matanya akan berada, dan lubang-lubang kecil untuk menandai telinga dan lubang hidungnya. Cikal bakal panca indera mulai terbentuk di minggu ini. Tabung saraf terus tumbuh dan menutup di ujungnya, begitu pula dengan usus, ginjal dan hati terus tumbuh.

Minggu ke-7

Pada minggu ini, organ gerak seperti lengan dan kaki mulai berkembang. Jaringan tulang rawan juga mulai terbentuk. Otak bayi Mums akan semakin tumbuh melebihi besar tubuhnya sendiri. Bentuk mata juga mulai terlihat. Hati bayi sudah mengeluarkan sel darah merah.

Minggu ke-8

Kepala bayi tampak lebih besar dari tubuhnya dan ditekuk ke dadanya. Fitur wajah perlahan-lahan menjadi lebih jelas ketika rahang dan hidung bagian atas bayi Mums terbentuk. Sel-sel saraf bayi tumbuh bercabang dan saraf yang mengatur penciuman mulai terbentuk. Jari-jari mungil bayi Mums juga mulai terbentuk di minggu ini.

BACA JUGA:  Kontrasepsi yang Aman untuk Ibu Menyusui

Minggu ke-9

Pada minggu ke-9, semua organ vital bayi sudah berada di tempatnya. Telinga mulai keliatan jelas, begitu pula dengan akar gigi yang akan menjadi cikal bakal gigi susu. Pada akhir minggu ini, panjang bayi Mums sekitar 2,3 cm dan berat sekitar 2 gram, kira-kira seukuran buah anggur. Alat kelamin juga mulai terbentuk di minggu ini.

Minggu ke-10

Di minggu ke-10, plasenta yang terbentuk cukup untuk memasok bayi Mums dengan nutrisi yang dibutuhkan, dan kantung kuning telur tidak lagi dibutuhkan. Di minggu ke-10 juga sering disebut sebagai minggu yang besar karena pertumbuhan organ-organ vitalnya menuju ke arah sempurna. Bayi Mums juga mulai aktif bergerak.

Minggu ke-11

Pada minggu ke-11, wajah bayi mulai terlihat bentuknya. Pembuluh darah kecil dan besar juga mulai berkembang.

Minggu ke-12

Tulang rawan mulai tumbuh sebagai tulang pada minggu ini. Bayi Mums makin terlihat pintar. Dia dapat menutup jari-jari mungilnya untuk membuat kepalan. Refleks bayi juga mulai terasah.

Sungguh menakjubkan ya Mums perkembangan bayi minggu per minggu di trimester pertama. Fase tiga bulan pertama yang menentukan perkembangan organ-organ vital bayi. Sangat penting buat Mums mempertahankan diet yang sehat dan konsumsi asam folat pada fase ini.

Baca juga: Hamil Tapi Tidak Merasakan Hamil, Mungkinkah Terjadi?

Trimester 1 Kehamilan, Momen Penting Perkembangan Janin 2

Referensi

Babycenter.co.uck. Fetal development week by week

Healthline.com. Trimesters and Due Date. Tracy Stickler. 2019.

Comment