by

Ada Rasa Logam di Mulut Saat Hamil? Ini Penyebabnya Mums!

Apakah belakangan ini Mums merasa seperti ada rasa logam di dalam mulut? Rasanya hampir seperti sedang memakan uang logam. Sangat aneh ya, Mums? Apa sih penyebab rasa logam saat hamil?

Kehamilan bisa memengaruhi hampir seluruh bagian tubuh Mums, tidak terkecuali mulut dan indera perasa. Rasa logam saat hamil istilah medisnya adalah disgeusia. Kondisi ini merupakan salah satu gejala kehamilan. Apa penyebab rasa logam saat hamil dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Harus Bekerja Saat Hamil, Kenali Risiko dan Keamanannya ya Mums!

Kapan Rasa Logam saat Hamil Mulai Muncul?

Rasa logam di mulut merupakan gejala kehamilan yang cukup umum. Beberapa wanita mengalaminya di trimester pertama ataupun trimester kedua. Satu penelitian menemukan bahwa sekitar 93% wanita mengalami perubahan indera perasa saat hamil.

Beberapa wanita mendeskripsikannya seperti minum air putih dari cangkir yang terbuat dari logam. Sebagian wanita lainnya mendeskripsikannya seperti asam. Rasa logam di mulut ini bisa muncul kapan saja, meskipun Mums sedang tidak makan apa-apa.

Apa Penyebab Rasa Logam saat Hamil?

Rasa logam di mulut saat hamil atau disgeusia disebabkan oleh perubahan kadar hormon selama kehamilan. Hormon kehamilan, khususnya estrogen, memiliki peran dalam mengontrol dan mengatur indera perasa.

Saat sedang hamil, kadar estrogen berfluktuasi, sehingga juga memengaruhi indera perasa. Selain itu, indera perasa dan penciuman Mums sangat berhubungan satu sama lain, sehingga gejala kenaikan sensitivitas penciuman saat hamil juga bisa menyebabkan rasa logam di mulut saat hamil.

Jadi, kalau Mums mengalami rasa logam saat hamil, maka itu berarti hormon kehamilan sedang meningkat. Semakin berkembang kehamilan, kadar hormon juga akan mulai stabil, sehingga rasa logam di mulut akan hilang.

Baca juga: Sudah Trimester Dua Masih Muntah Hebat, Apakah Berbahaya?

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Logam saat Hamil?

Rasa logam di mulut saat hamil merupakan kondisi yang sangat umum. Namun, jika Mums ingin meredakannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Redakan rasa logam dengan asam: coba konsumsi makanan yang memiliki rasa asam, seperti jeruk atau minuman lemonade, tapi hanya jika perut Mums sudah terbiasa dengan konsumsi makanan dan minuman tersebut. Makanan dan minuman seperti ini tidak hanya bisa meredakan rasa logam, namun juga meningkatkan produksi saliva, sehingga membantu mengatasinya.
  • Konsultasikan dokter tentang vitamin kehamilan: pasalnya, beberapa vitamin kehamilan lebih memicu rasa logam di dalam mulut ketimbang vitamin lainnya.
  • Sikat lidah saat sikat gigi atau kumur menggunakan larutan garam ringan: Mums bisa membuat larutan garam ringan dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam ke satu gelas air.

Bisakah Rasa Logam saat Hamil Dicegah?

Rasa logam di mulut saat hamil tidak dapat dicegah, pasalnya kondisi ini berhubungan dengan ketidakstabilan hormon selama hamil. Yang bisa Mums lakukan adalah meredakan kondisinya. Dengan mengetahui cara meredakannya, seperti yang dijelaskan di atas, Mums bisa lebih nyaman menjalani kehamilan.

Baca juga: Berdarah saat Berhubungan Seks Ketika Hamil? Ini Penyebabnya!

Kapan Rasa Logam saat Hamil akan Hilang?

Sama dengan gejala kehamilan lainnya, seperti morning sickness, gejala rasa logam di dalam mulut akan hilang seiring dengan berkembangnya kehamilan. Umumnya, gejala ini akan hilang di pertengahan trimester kedua, di saat hormon kehamilan sudah mulai stabil.

Beberapa wanita yang mengalami rasa logam di mulut sepanjang kehamilannya. Namun Mums tidak perlu khawatir, setelah melahirkan rasa logam di mulut ini pasti akan hilang. (UH)

Sumber:

What To Expect. Metallic Taste During Pregnancy (Dysgeusia). Oktober 2020.
The Bump. Metallic Taste During Pregnancy. April 2017.

Comment

News Feed