Pertunjukan Seni di Singapura Boleh Buka, Contoh Protokol Ketatnya

KalbarOnline.com – Kasus penularan lokal di Singapura makin berkurang drastis. Bahkan beberapa hari sempat nol kasus. Kasus impor juga rata-rata hanya di bawah 10 per hari. Kini Singapura mulai membuka pertunjukan seni seperti orkestra, paduan suara, kelompok tari, dan organisasi seni dan budaya lainnya. Namun maksimal hanya 50 tamu.

“Galeri seni dan beberapa museum, serta pusat komunitas dan ballroom hotel dan ruang serba guna termasuk di antara tempat yang diizinkan untuk melanjutkan pertunjukan langsung,” kata Dewan Seni Nasional (NAC) di situsnya.

Dalam posting Facebook, Menteri Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda Edwin Tong mendesak masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Dia mengatakan pertunjukan seni secara langsung adalah sumber kehidupan sektor seni dan budaya kita. Akan tetapi bagaimana caranya bisa melestarikan kerajinan dan mempertahankan mata pencaharian namun tetap aman di era pandemi.

  • Baca Juga: Singapura Laporkan Nol Kasus Covid-19 Penularan Lokal dalam 2 Hari
Baca Juga :  Datang ke Indonesia, Menlu AS Bahas Isu Pandemi Hingga Terorisme

“Selama beberapa minggu terakhir, saya bertemu banyak seniman yang merindukan panggung lagi. Ini tentu saja tentang mata pencaharian, dan mereka rindu penonton,” katanya seperti dilansir dari Straits Times, Minggu (1/10).

Protokol Kesehatan di Panggung Hiburan

Dia menambahkan bahwa meski pertunjukan langsung dibuka, keselamatan pemain dan penonton tetap menjadi prioritas utama. Penyelenggara dapat menampung hingga dua zona yang masing-masing terdiri dari 50 anggota audiens per pertunjukan, dengan langkah-langkah protokol yang aman.

Harus ada jarak aman 3 meter antara penonton dan seniman. Semua pemain harus menjaga jarak setidaknya 1 meter dari satu sama lain. Pada waktu tertentu, maksimal 30 artis dan kru diperbolehkan di atas panggung dan di belakang panggung. Tapi hanya 10 dari mereka yang boleh buka masker. Mulai 24 November, mereka yang menonton pertunjukan bisa menikmati pertunjukan dengan daftar lewat online ke SafeEntry dengan aplikasi atau token TraceTogether sebagai pelacakan kontak.

Baca Juga :  Inggris Akan Gelar KTT G7 secara Langsung di Cornwall pada Juni 2021

Tempat-tempat yang dikelola oleh Asosiasi Rakyat juga dapat mengadakan pertunjukan langsung mulai bulan depan, begitu pula museum yang dikelola oleh Dewan Warisan Nasional serta yang merupakan anggota Meja Bundar Museum. Resorts World Sentosa, Marina Bay Sands dan tempat-tempat wisata yang telah diberi lampu hijau oleh Singapore Tourism Board untuk melanjutkan operasi juga dapat mengadakan pertunjukan langsung dalam ruangan.

Pertunjukan langsung juga akan diizinkan di acara Mice (pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran) yang diadakan di Pusat Pameran Changi, Singapore Expo, dan pusat konvensi Suntec. Namun, pertunjukan langsung masih tidak diizinkan untuk dilanjutkan di tempat makanan dan minuman dan pada resepsi pernikahan. Hal ini karena kemungkinan tamu berbaur dan berbicara saat membuka masker.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment