Inilah Makanan yang Membuat Badan Harum, Jangan Salah Pilih!

Pernahkah Geng Sehat merasa tidak nyaman karena merasa tubuh mengeluarkan bau badan yang tidak sedap? Memiliki bau badan memang bisa sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri kita. Nah, untuk membantu mengatasi hal ini, Geng Sehat perlu tahu makanan yang membuat badan harum secara alami.

Bau badan umumnya dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Ada beberapa makanan yang bisa mengeluarkan bau badan, ada pula makanan yang membuat badan harum secara alami. Yuk, langsung aja cek makanan-makanan yang dimaksud!

Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Paling Sering Direkomendasikan untuk Anak

Makanan Pemicu Bau Badan dan Makanan yang Membuat Badan Harum

Mau mencegah bau badan dan membuat badan harum secara alami? Berikut deretan makanan yang membuat tubuh harum secara alami dan juga makanan yang bisa menyebabkan bau badan:

Yogurt vs Susu

Bakteri aktif di dalam yogurt menurunkan jumlah senyawa sulfit yang menyebabkan bau badan. Selain itu, vitamin D yang terkandung di dalam yogurt juga membantu membasmi bakteri di mulut, sehingga mencegah bau mulut. Sementara itu, susu mengandung kolin yang bisa menyebabkan bau badan.

Baca Juga :  Makanan Terbaik untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Jus Lemon vs Wine

Beberapa orang minum wine untuk melepas stres. Biasanya, wine diminum di malam hari untuk melepas stres. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, tubuh Kamu bisa bau alkohol seharian keesokan harinya. Cobalah minum jus atau air lemon. Buah ini membantu mendetoks tubuh karena kaya akan kandungan antioksidan.

Teh Herbal vs Kopi

Teh herbal merupakan sumber antioksidan yang baik, sehingga baik untuk membasmi zat sisa dan racun di dalam tubuh. Semakin sedikit zat sisa dan racun di dalam tubuh, semakin harum tubuh Kamu. Sementara itu, kopi atau minuman berkafein lainnya bisa menyebabkan bau badan yang cukup tajam.

Baca juga: Meski Harganya Murah, Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Sungguh Ajaib!

Apel vs Kembang Kol

Apel mengandung banyak senyawa yang bisa membantu membasmi bau mulut. Sementara itu, kembang kol mengandung kolin, yaitu nutrisi seperti vitamin B yang bisa menyebabkan bau badan.

Jeruk vs Labu

Buah sitrus, termasuk jeruk, memiliki aroma yang wangi dan mudah diserap tubuh. Oleh sebab itu, jeruk bisa membuat tubuh harum secara alami. Sementara itu, labu mengandung kolin yang nantinya di dalam tubuh diolah menjadi trimetilamin. Penumpukan trimetilamin di dalam tubuh bisa menyebabkan bau badan.

Baca Juga :  5 Hal yang Wajib Diperhatikan saat Mengonsumsi Antibiotik

Air Putih vs Bir

Minum air putih membantu tubuh mengeluarkan zat sisa dan racun yang menyebabkan bau badan. Sementara itu, minum alkohol bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan bau badan yang cukup tajam.

Seledri vs Asparagus

Seledri membantu tubuh memproduksi zat kimia feromon yang membuat Kamu terlihat lebih menarik oleh lawan jenis. Sementara itu, asparagus mengandung asam yang di dalam tubuh dicerna menjadi senyawa belerang, sehingga bisa menyebabkan bau badan.

Ikan vs Daging Merah

Satu penelitian menunjukkan bahwa wanita menganggap aroma tubuh pria yang tidak mengonsumsi daging merah selama dua minggu lebih baik dan harum ketimbang aroma tubuh pria yang mengonsumsi daging merah. Sementara itu, mengonsumsi ikan tidak mengeluarkan bau badan yang sama seperti yang terjadi ketika tubuh mencerna daging merah. (UH)

Baca juga: Lupakan Nasi Uduk, Ganti dengan 9 Makanan Sehat untuk Sarapan

Sumber:

Brightside. 10 Foods That Make Your Body Smell Great. Januari 2020.
Allure. 5 Ways Your Diet Can Cause Bad Body Odor. Mei 2018.

Comment