Ridwan Kamil Bakal Terapkan QR Code di Kantor Hingga Cafe untuk Lacak Kontak Covid-19

KalbarOnline.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, pelacakan kontak amat penting dalam memutus rantai penyebaran Covi-19 sekaligus mencegah ledakan jumlah kasus baru. Untuk meningkatkan rasio pelacakan kontak, pihaknya akan berinovasi dengan menggunakan QR Code.

Penggunaan QR Code ini dinilai ampuh melacak secara terukur pembatasan untuk meminimalisir kerumunan dan jaga jarak dengan efektif memutus mata rantai penularan Virus Corona atau COVID-19. Ridwan Kamil bakal mewajibkan pengelola fasilitas publik mulai dari restoran, cafe dan perkantoran memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung menggunakan QR Code.

Baca Juga :  Jokowi Klarifikasi Hoaks Seputar UU Cipta Kerja, Ini Pernyaaan Lengkapnya

“Salah satu inovasi yang lagi disiapkan adalah setiap kafe, restoran, dan kantor itu harus ada kertas yang ada QR Code. Jadi setiap yang datang harus memindai seperti absen,” katanya dikutip Rabu (14/10/2020).

Jika QR Code diaktifkan, menurutnya, pelacakan mudah ditemukan kalau ada temuan kasus positif di fasilitas atau perkantoran. Karena data pribadi pengunjung terekam.

“Kekurangan di Bodebek adalah pelacakan kontak. Saat ini rasio pelacakan kontak di Bodebek masih di bawah standar. Idealnya, 1 banding 30 orang,” ujar Emil.

Baca Juga :  Sebagai Cagar Budaya, Rumah Betang di Desa Lunsa Hilir Akan Direhab Melalui APBN Senilai Rp 19 Miliar 

Emil meminta Kota Depok menjadi daerah pertama yang menerapkan inovasi tersebut. Sebab, Kota Depok secara umum menyumbang kasus harian terbanyak di Jabar.

“Inilah cara yang akan kami terapkan mungkin dalam dua minggu kedepan. Kami minta Kota Depok jadi salah satu daerah pertama yang menerapkan itu,” katanya. [rif]

Comment