Nvidia Gunakan AI untuk Tingkatkan Kualitas Video Confrence

KalbarOnline.com – Dengan pandemi Covid-19 yang masih belum bisa diatasi di banyak negara, banyak para pekerja dan pelajar kini masih bergantung pada platform video conference sebagai solusi pengganti tatap muka. Penggunaan platform tersebut malahan kini semakin membumi dan makin banyak digunakan oleh banyak kalangan.

Sayangnya, meski semakin masif digunakan, tak semua pengguna platform tersebut sadar akan kualitas video conference mereka baik dari segi gambar atau suara yang dihasilkan. Untuk membuat tampilan atau suara video conference atau konferensi video menjadi lebih baik sendiri punya banyak cara, mulai dari menggunakan microphone berkualitas sampai kamera perangkat yang digunakan.

Selain itu, membuat ruangan dengan memperhatikan aspek visual dan akustik yang baik juga bisa membuat kualitas video conference lebih baik dan berkualitas. Namun sayang, cara-cara yang disebutkan di atas umumnya membutuhkan effort lebih dan uang yang tak sedikit.

Baca Juga :  Belum Kantongi Izin Edar, Uji Klinis Obat Covid-19 Harus Transparan

Melihat hal tersebut, Nvidia sedang mencari kemungkinan untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk membantu masyarakat bisa memiliki kualitas video conference yang baik. Perusahaan produk komputasi dan perangkat keras itu telah mengumumkan Nvidia Maxine.

Nvidia Maxime adalah platform bertenaga AI cloud yang akan mengandalkan penggunaan AI untuk berpotensi membantu meningkatkan pengalaman konferensi video kita. Dengan Maxine, Nvidia akan menggunakan AI untuk membantu meningkatkan hal-hal tertentu seperti mengurangi bandwidth yang digunakan untuk video call.

Namun bukan itu yang penting. Platform tersebut lebih jauh mampu menganalisis titik-titik wajah utama wajah seseorang alih-alih mengalirkan seluruh layar. Ini pada akhirnya akan menghasilkan panggilan video yang lebih lancar dan lebih jernih, terutama bagi mereka yang tidak memiliki koneksi internet yang sangat cepat.

Itu juga dapat meningkatkan resolusi panggilan video sehingga bahkan jika Anda memiliki webcam atau kamera perangkat semisal tablet atau smartphone yang tak seberapa canggih atau resolusi yang lebih rendah, perangkat lunak dapat digunakan untuk meningkatkannya secara digital. Ada juga fitur seperti pembingkaian otomatis yang mencoba membuat pengguna tetap berada di tengah bingkai setiap saat.

Baca Juga :  Genjot Infrastruktur Agar Pedagang Makanan Hingga Kost Hidup Lagi

Maxine juga akan memperkenalkan hal-hal seperti terjemahan otomatis dalam bentuk teks, sehingga orang dapat berbicara dalam berbagai bahasa dan kata-kata mereka diterjemahkan dan diberi teks secara real time. Salah satu keunggulan Maxine adalah dapat berjalan di cloud, yang berarti dapat berfungsi meskipun Anda tidak memiliki perangkat pengolah grafis atau GPU Nvidia.

Meskipun beberapa fitur ini sudah tersedia di aplikasi konferensi video tertentu, fakta bahwa Nvidia tidak memiliki kepentingan tertentu di salah satunya berarti bahwa lebih banyak aplikasi nantinya akan dapat memanfaatkan fitur ini di masa mendatang.

Comment