by

Robot Raksasa Gundam Akhirnya Bergerak

KalbarOnline.com – Penggemar fanatik anime robot Gundam dibuat histeris pekan ini. Mereka akhirnya melihat video yang menunjukkan robot perang setinggi 18 meter itu bisa bergerak. Kali ini video tersebut bukan hasil karya animasi atau efek spesial.

Video yang tersebar luas di Twitter itu direkam dari Dermaga Yamashita, Yokohama. Lebih tepatnya di Gundam Factory. Kompleks wisata tersebut baru saja menguji coba atraksi yang paling dibanggakan, Gundam ukuran 1:1 yang bisa bergerak.

Kabar itu sudah ditunggu-tunggu penggemar serial scifi tersebut. Seharusnya atraksi itu diperlihatkan ke media pada Juli lalu dan resmi dibuka pada 1 Oktober nanti. ”Kami terpaksa menunda preview dan pembukaan untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan dan pengunjung,” tulis Gundam Factory menurut Newsweek.

Proyek untuk membuat replika yang bisa bergerak tersebut dimulai pada 2014. Dua tahun pertama dihabiskan dalam tahap rancangan untuk memastikan mecha itu punya beban seimbang dan semua bagian bisa bergerak. Mereka memilih RX-78-2 sebagai robot pertama dalam serial Gundam.

Sebenarnya robot tersebut selesai dibangun pada Juli lalu. Pendeta Shinto didatangkan untuk memberkati robot sebelum kepala dipasang.

Rabu (23/9) penggemar bisa melihat bahwa sang robot mampu melakukan banyak manuver. Mulai menggelengkan kepala, mengangkat tangan, mengacungkan jari, berjalan, sampai berlutut. Semua gerakan itu bisa dilakukan meski agak lambat karena bantuan dok yang menopang robot seberat 25 ton tersebut.

Gundam Factory jelas bakal menarik banyak penggemar anime. Selain bisa melihat robot ukuran sebenarnya, para penggemar dapat membeli gunpla, istilah model plastik Gundam, yang akan dijual eksklusif di kompleks tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

BACA JUGA:  Peran Sentral Jepang Diyakini Bisa Wujudkan Perdamaian Tiongkok dan AS

Comment