AMD Luncurkan Prosesor Mobile Chromebook Berbasis Arsitektur Zen

KalbarOnline.com – AMD mengumumkan prosesor mobile AMD Ryzen pertama dan prosesor mobile AMD Athlon 3000 C-Series terbaru untuk platform Chromebook. Prosesor berarsitektur Zen itu akan mulai digunakan oleh berbagai produsen seperti dari Acer, ASUS, HP, dan Lenovo pada Q4 2020. Performa yang dijanjikan, lebih cepat sampai 178 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

AMD mengklaim, Chromebook dengan prosesor mobile 3000 series bakal menjadi yang terkuat dari sisi grafis. Sebab, sudah built-in grafis AMD Radeon. Bahkan khusus untuk prosesor mobile AMD Ryzen 3000, performa hingga 212 persen lebih baik untuk multitasking dan kreasi konten dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya.

“Apakah pengguna sedang online, offline, bepergian atau di rumah, Chromebook berbasis prosesor AMD Ryzen dan prosesor Athlon menghadirkan perpaduan CPU, grafis, dan performa keseluruhan untuk tetap produktif serta kemudahan dalam pembelajaran jarak jauh dan bekerja jarak jauh yang memberikan pengalaman terbaik, ”kata Saeid Moshkelani, senior vice president and general manager, Client Compute, AMD dalam siaran persnya.

Baca Juga :  Jam Tangan Pintar Honor Watch GS Pro Resmi Diluncurkan Besok

AMD berani mengklaim Chromebook dengan prosesornya bakal tangguh karena memiliki arsitektur Zen yang bertenaga. Dikatakannya, arsitektur Zen memberikan kecepatan dan responsif saat menjelajah web, multitasking, atau streaming video. Selain itu, prosesor mobile 3000 C-Series yang hemat daya memungkinkan desain Chromebook lebih tipis dan ringan dengan ketahanan baterai yang lama.

Klaim AMD, prosesor mobile AMD Ryzen 7 3700C dijanjikan memberikan performa premium untuk Chromebook. Alasannya, ada peningkatan sampai 251 persen untuk kinerja grafis dibandingkan dengan AMD Chromebook generasi sebelumnya. Untuk kinerja produktivitas, disebut lebih cepat hingga 104 persen. Bagaimana untuk editing foto? disebut lebih baik hingga 152 persen.

“Chromebook terus menjadi pasar yang berkembang pesat. Pelanggan mencari desain menarik dan fitur terbaik untuk mendukung pekerjaan, pendidikan, dan gaming mereka dengan Chrome OS,” kata John Solomon, Vice President of Chrome OS, Google. Dia menyebut, kerja sama dengan AMD untuk Chromebook berbasis prosesor Ryzen yang belum pernah terjadi sebelumnya, memberi konsumen banyak pilihan yang lebih luas.

Baca Juga :  XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Selama Imlek 2021

Begitu juga dengan Acer, general manager, Notebooks, IT Products Business, Acer Inc. James Lin mengatakan siap menghadirkan Chromebook dengan prosesor mobile AMD Ryzen dan Athlon 3000 C-Series. “Acer Chromebook kami yang berbasis AMD baru akan menghadirkan performa grafis, kinerja responsif, dan efisiensi yang lebih tinggi, memungkinkan pelanggan kami menangani proyek yang menantang, memanfaatkan berbagai aplikasi dan ekstensi yang berkembang di ekosistem Chrome.”

MODEL CORES / THREADS TDP

(Watts)

BOOST/BASE FREQ. (GHz) GPU CORES CACHE (MB)
AMD Ryzen™ 7 3700C 4C/8T 15W Up to 4.0 / 2.3 GHz 10 6 MB
AMD Ryzen™ 5 3500C 4C/8T 15W Up to 3.7 / 2.1 GHz 8 6 MB
AMD Ryzen™ 3 3250C 2C/4T 15W Up to 3.5 / 2.6 GHz 3 5 MB
AMD Athlon™ Gold 3150C 2C/4T 15W Up to 3.3 / 2.4 GHz 3 5 MB
AMD Athlon™ Silver 3050C 2C/2T 15W Up to 3.2 / 2.3 GHz 2 5 MB

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment