Juara Pertama dari Austria, Juara Pertama walau Kalah Dua Set Awal

KalbarOnline.com – Setelah tiga kali tampil di final grand slam dan selalu berakhir sebagai runner-up, di percobaan keempat kemarin, Dominic Thiem benar-benar tak mau mengulangi kesalahan.

Thiem melakukan comeback fantastis. Dia bangkit dari ketertinggalan dua set atas Alexander Zverev untuk merengkuh trofi AS Terbuka 2020.

Thiem menang melalui lima set 2-6, 4-6, 6-4, 6-3, 7-6(6) pada final yang berlangsung di Arthur Ashe Stadium. Final yang berlangsung 4 jam 2 menit itu masih dilakukan tanpa penonton karena mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19.

Gelar itu sekaligus menjadi trofi mayor pertama yang sanggup direngkuh Thiem sepanjang karir. Sebelumnya, tiga penampilan final petenis Austria tersebut di ajang mayor hanya berakhir sebagai runner-up. Itu terjadi di Prancis Terbuka 2018 dan 2019 serta Australia Terbuka 2020.

  • Baca Juga: Juara di US Open, Eks No 1 Dunia asal Jepang Catat Sejarah Dahsyat

”Sungguh, aku berharap kita bisa memiliki dua juara hari ini (kemarin, Red),” ucap Thiem dalam seremoni penyerahan piala dilansir Yahoo Sports. ”Kami berdua sama-sama layak mendapatkannya. Kamu (Zverev, Red) benar-benar tampil dengan 100 persen,” tambah petenis 27 tahun tersebut.

Baca Juga :  Dihajar Hendra/Ahsan, Ganda Rusia: Susah Sekali Mengalahkan Mereka

Thiem sekaligus menjadi orang Austria pertama dalam sejarah yang sanggup memenangi grand slam AS Terbuka. Kemenangannya melalui kekalahan dua set lebih dulu juga membuatnya tercatat sebagai juara AS Terbuka pertama yang sanggup melakukan itu selama open era atau sejak 1968.

Ranking tiga dunia itu pun tercatat sebagai juara baru sebuah ajang grand slam untuk kali pertama sejak Marin Cilic memenangi AS Terbuka 2014.

Satu lagi catatan penting kemenangan Thiem. Dia tercatat sebagai juara grand slam pertama di luar para langganan juara. Yakni, Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer sejak 2016. Atau, tepatnya sejak Stanislas Wawrinka menjuarai AS Terbuka pada tahun tersebut.

Baca Juga :  Bertarung Sangat Pintar, Sang Panther Sukses Juara Dunia Dua Divisi

Bagi Zverev, itu adalah penampilan final pertamanya di ajang grand slam. Petenis 23 tahun asal Jerman tersebut sebelumnya paling banter mencapai semifinal grand slam. Yakni, di Australia Terbuka tahun ini.

Petenis jangkung itu tampil begitu dominan di dua set pertama. Sayang, Zverev gagal menjaga momentum dengan banyak membuat kesalahan di dua set terakhir. Saat itu dia membuat 12 kali unforced error, baik di set ketiga maupun keempat. Momen itulah yang dimanfaatkan Thiem untuk mencuri kemenangan.

Thiem dan Serbapertama

1. Gelar AS Terbuka 2020 merupakan gelar grand slam pertama yang diraih Thiem.

2. Thiem adalah petenis Austria pertama yang memenangi AS Terbuka.

3. Thiem adalah petenis pertama yang juara di AS Terbuka setelah kalah dua set awal.

4. Thiem juara grand slam pertama di luar langganan juara seperti Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer.

Comment