Dikabarkan Positif Covid-19, Novel: Alhamdulillah Secara Fisik Sehat

KalbarOnline.com – Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinyatakan positif Covid-19. Hal ini diketahui setelah Novel menjalani tes swab PCR, pada Kamis (27/8) kemarin.

Novel Baswedan sendiri mengaku tak mengalami gejala meski dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dia mengaku kondisinya saat ini dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah, secara fisik sehat,” kata Novel kepada KalbarOnline.com, Jumat (28/8). Untuk mencegah terjadinya penularan, dia pun akan melakukan isolasi mandiri.

“Insa Allah nanti siang mau second opinion,” imbuh Novel.

Baca juga: Novel Baswedan Positif Covid-19

Pelaksanaan tes swab terhadap pegawai KPK dilakukan di poliklinik KPK yang bekerjasama dengan RSPAD Gatot Subroto di Gedung Juang KPK pada Kamis (27/8) kemarin.

Baca Juga :  Jokowi Sebut Pandemi Perkuat Sejumlah Sektor Penting Secara Signifikan

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri pun membenarkan kalau Novel Baswedan terinfeksi virus korona atau Covid-19. Hal ini diketahui setelah menjalani tes swab.

“Benar, informasi yang kami terima merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan test swab diketahui positif korona,” ujar Ali.

Ali menyatakan, Novel dan beberapa pegawai KPK yang terpapar Covid-19 sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan dilakukan isolasi mandiri.

“KPK juga telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya,” tandas Ali.

Pelaksanaan tes swab PCR dilakukan setelah sembilan orang pegawai KPK, empat orang non pegawai dan satu orang tahanan dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Mereka telah dilakukan isolasi mandiri dan tindakan medis lanjutan bekerjasama dengan Puskesmas sekitar kediaman para pegawai yang terpapar untuk proses pemulihan terhadap para pegawai tersebut.

Baca Juga :  WNA Dilarang Datang sampai 14 Januari

“Untuk satu tahanan telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri,” cetus Ali.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, gedung KPK juga telah kembali melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kerja pada Direktorat Penyidikan dan ruang kerja lainnya di gedung merah putih KPK, dan gedung ACLC KPK.

“Serta memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh seluruh pegawai KPK,” tandas Ali.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment