by

Review Acer Swift 3 Air: Pas Buat Pelajar dan Pekerja Kantoran

KalbarOnline.com – Belakangan, laptop dengan desain tipis kian diminati lantaran fleksibilitasnya yang cocok dibawa bepergian. Laptop dengan desain demikian biasanya disenangi oleh kalangan pekerja kantoran dengan mobilitas tinggi.

Selain segmen tersebut, pelajar yang biasanya tas mereka sudah penuh dengan buku pelajaran juga biasanya cenderung memilih laptop tipis. hal tersebut lantaran laptop tebal dengan bobot lebih tentu akan menambah beban mereka.

Soal laptop tipis, di pasaran juga cukup banyak beredar merek dan jenis laptop tersebut. harganya variatif, mulai dari kelas ekonomis sampai flagship, semua ada.

Omong-omong soal laptop tipis, KalbarOnline.com baru saja merasakan singkat laptop Acer Swift 3 Air. Yuk simak ulasannya.

Desain

Dimulai dari sisi desain, Acer Swift 3 Air (SF313-51) mengusung desain berbahan metal yang lebih tipis, namun tetap modis. Acer Swift 3 Air diklaim hadir sebagai notebook paling tipis dan ringan di kelasnya. Tak asal klaim, laptop ini hadir dengan ketipisan 15,9 mm dan bobot 1,3 kg.

Dimensi tersebut membuat notebook ini nyaman dibawa bepergian. Sementara itu, untuk tampilan layarnya sendiri, Swift 3 Air memiliki layar 13,3 dengan resolusi Full HD serta bezel yang dirancang sangat tipis membuat pengguna bisa memiliki pengalaman menonton secara maksimal.

Untuk menyangga layarnya, ada engsel yang terkesan polos pada bagian tengah. Di dekat area engsel atau di bawah layar, ada tulisan ‘Acer’ sebagai identitas.Engselnya tampak kokoh, kuat dengan material metal berbentuk persegi panjang untuk menyangga area layar.

Bergeser ke bagian bawahnya terdapat wilayah papan ketik. Laptop tipis Acer ini hadir dengan keyboard tanpa numeric pad (Numpad). Tuts keyboard-nya sangat nyaman digunakan dengan jarak antartuts yang terbilang lega. Risiko kesalahan pengetikan bisa dikurangi dengan konsep yang demikian.

Beralih ke trackpad, ada area luas yang diletakkan agak ke kiri. Tidak center, namun ini membantu bagi kamu yang butuh area luas sisi kanan untuk leluasa menggunakan trackpad. Bagian klik kiri dan klik kanannya dibuat tersembunyi di balik panel geser. Hal ini membuat kesan premium dan simple pada laptop ini cukup terasa.

Untuk fitur keamanan, laptop ini juga didukung dengan pemindai sidik jari di bawah keyboard. Tempatnya di sisi kanan bawah dan tentunya sudah mendukung Windows Hello.

Untuk dukungan port-port input dan output, laptop ini datang dengan port yang terbilang lengkap di sisi kanan dan kirinya. Port Nano SIM slot, USB Type-CTM port, supporting USB 3.1 Gen 1 (up to 5 Gbps) dan DisplayPort over USB-C, USB 3.0 port featuring power-off USB charging, USB 2.0 port dan port HDMI ada pada laptop ini. Di area port juga masih ada MicroSD card reader.

Multimedia

Untuk urusan multimedia, Acer Swift 3 Air hadir dengan layar 13,3 inci dengan resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel serta bezel yang dirancang sangat tipis. Masih di area layar, untuk kebutuhan video conferencing ada HD webcam dengan kemampuan 1.280 x 720 piksel resolution, 720p HD audio dan video recording serta Super high dynamic range imaging (SHDR).

Untuk kebutuhan audio, laptop ini dibekali dengan dua stereo speaker Acer Purified Voice technology dengan dua microphone tertanam. Untuk kebutuhan mendengar musik dan menonton video, laptop ini terbilang memiliki karakter suara yang oke, nyaman di telinga.

Performa

Beralih ke sisi performa, laptop ini menjanjikan daya tahan dan keunggulan baterai. Jika laptop standar rata-rata punya daya baterai sekadar 4-5 jam, maka daya tahan baterai Swift 3 jauh di atas rata-rata.

Laptop tipis ini menawarkan daya baterai hingga 13 jam, membuat kamu bisa terus fokus bekerja tanpa halangan. Dengan daya baterai yang tahan lama ini, maka untuk menyelesaikan pekerjaan sepanjang hari, Swift 3 Air (SF313-51) hanya membutuhkan satu kali pengisian daya.

Pengujian kami, laptop ini bisa bertahan selama 12 jam lebih dari daya 100 persen sampai benar-benar habis dan mati. Untuk ukuran laptop tipis, ini adalah keunggulan yang tak bisa dianggap remeh.

Bicara hardware, Swift 3 Air (SF313-51) pun menyajikan pengalaman bekerja yang efisien dan halus dengan Intel Core i3-8130U processor (4 MB Smart Cache, 2.2 GHz with Turbo Boost up to 3.4 GHz). Meski tipis, perangkat ini cukup bertenaga dengan padanan RAM 4GB DDR4.

Perangkat ini di sisi CPU juga dilengkapi kapasitas penyimpanan 512 GB PCIe NVMe SSD yang cepat. Sinyal nirkabel yang konsisten berkat Bluetooth 5.0 plus WiFi 802.11ac dengan transfer data hingga 1.733 Gbps juga turut mempermudah anda terhubung kemanapun dengan cepat.

Selain karena kualitas gambar yang sangat baik dari setiap sisi berkat teknologi IPS display, fitur Acer ExaColor juga hadir untuk menambah kualitas warna gambar sehingga terlihat nyata.

Masih di sisi performa, untuk para pelajar dan pekerja kantoran yang butuh laptop tipis namun tetap bisa diandalkan, Acer Swift 3 Air juga memberikan bekal lainnya.

Pada paket pembelian, pelanggan akan memperoleh langsung productivity package dengan value senilai Rp 1.799.000 berikut penggunaan yang bisa seumur hidup. Dengan demikian, pengguna mendapatkan kemudahan dalam menggunakan perangkat barunya tanpa dipusingkan instalasi aplikasi.

Tawaran menarik ini tentunya akan membantu para milennial untuk bisa terus berkarya dan semakin produktif dengan dukungan laptop tipis Acer yang disertai dengan aplikasi Office andalan dan tentunya asli, bebas bajakan. Perpaduan keunggulan laptop tipis Swift dan Office Home and Student menjadikan apapun aktivitas pengguna terasa semakin mudah dan cepat.

Kesimpulan

Acer Swift 3 Air (SF313-51) terbilang oke untuk kebutuhan bekerja harian. Pelajar dan pekerja kantoran yang butuh laptop bekerja ‘standar’ bisa menjagokan perangkat ini untuk kebutuhan harian.

Hal yang paling jempolan adalah sektor baterainya yang awet. Banyak laptop tipis yang kami jajal, kebanyakan menawarkan kualitas baterai biasa saja. Tidak sekuat Acer Swift 3 Air yang bisa bertahan lebih dari 12 jam.

Oh iya, urusan kantong dan ketersediaan, laptop ini sudah tersedia di jaringan penjualan Acer di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 7.499.000. Swift 3 Air (SF313-51).

Comment

Terbaru