Oppo Find X2 Pro Jadi Pemuncak DXOMark

Asyik juga nih perkembangan jagad smartphone kamera. Kini mulai muncul juara-juara baru, menantang brand-brand yang biasanya mendominasi segmen smartphone kamera. Ini dalam hal kehandalan kameranya, ya, bukan soal lain. Setelah Xiaomi Mi 10 Pro yang berhasil jadi pemuncak di DXOOMark, kini giliran Oppo Find X2 Pro yang bertengger di posisi paling atas.

Dari segi perolehan nilai, seri terbaru dari Oppo ini memang meraih skor yang sama dengan Mi 10 Pro. Sama-sama menggaet skor 124. Bahkan skor di aspek foto (still image) dan video juga sama. Find X2 Pro meraih nilai 134 untuk kinerja foto dan skor 104 untuk video. Sama dengan perolehan Mi 10 Pro.

Meski memperoleh skor sama, tetapi hasil pengujian dari DXOMark menunjukkan, kedua smartphone ini punya titik kekuatan dan titik kelemahan yang berbeda. Mi 10 Pro disebut nyaris sempurna dalam beberapa aspek, seperti rendering tekstur, kinerja zoom, tapi lemah juga dalam sejumlah aspek. Sementara Find X2 Pro disebut lebih memiliki kinerja yang merata di semua aspek. DXOMark menyebut, kinerja yang merata itu menghasilkan foto dan video yang (hampir) terbaik.

Baca Juga :  Penyedia Tanda Tangan Digital PrivyID Gratiskan Layanan Sebulan

Dari hasil uji yang diumumkan DXOMark itu, Find X2 Pro meraih skor 90 atau lebih pada elemen exposure, warna, autofocus –yang ini malah meraih skor 100, serta zoom. DXOMark sepertinya “jatuh hati” betul dengan kinerja zoom Find X2 Pro ini. Mereka menggambarkan, zoom yang dimiliki besutan baru Oppo ini bekerja dengan halu, pergerakan telenya mulus, dan handal dalam berbagai kondisi, baik daylight maupun low light.

Oppo Find X2 Pro Jadi Pemuncak DXOMark 1

Khusus untuk video, DXOMark terpesona dengan kehandalan rekam video, yang mereka sebut mampu menghasilkan video yang stabil meski direkam sambil bergerak sekalipun. Video juga mampu menampilkan pencahayaan yang baik. Obyek rekam masih nampak jelas meski direkamd alam kondisi low-light, dan tak pula kelihatan kelebihan cahaya (over exposure) meski merekam dalam situasi terang benderang.

Faktor noise –yang membuat foto nampak berbintik—terkontrol dengan baik. Terutama pada foto di luar ruang dengan cahaya berlimpah. Pada pemotretan dalam ruang, memang nampak secuil noise pada area yang tak terkena cahaya (shadow). Namun tetap saja, kameranya mampu menghasilkan foto dalam ruang paling bersih dibanding pesaing sekelas.

Baca Juga :  Biar Gak Bosen, Ini Ragam Kegiatan #dirumahaja Dengan Instagram

Kehandalan fitur kamera Oppo Find X2 Pro ini memang didukung sektor kamera yang mengesankan. Didukung dengan triple kamera di belakang. Kamera utama sebesar 48 Mpix f/1.7, 25mm (wide), 1/1.43″, 1.12µm, omnidirectional PDAF, Laser AF, OIS. Lantas ada kamera periskop 13 Mpix f/3.0, 129 mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, 5x optical zoom, PDAF, Laser AF, OIS. Dan kamera ultrawide 48 Mpix, f/2.2, 17mm, 1/2.0″, 0.8µm, AF. Untuk rekam video, tersedia opsi rekam 2160p@30/60fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS; HDR. Sementara di depan, dipasangi kamera selfie 32 MP, f/2.4, (wide), 1/2.8″, 0.8µm.

Spesifikasi kamera yang “sadis” ditambah dengan kinerja kamera yang gahar, tak heran bila Oppo Find X2 Pro ini bisa jadi pemuncak pada DXOMark. Yang serunya, kehadiran Find X2 Pro ini, dan juga Mi 10 Pro, bisa mengganggu hegemoni brand-brand yang secara tradisional kuat di sektor kamera, semacam Huawei dan Samsung.

The post Oppo Find X2 Pro Jadi Pemuncak DXOMark appeared first on KalbarOnline.com.

Comment