Inilah Cara Mudah Mengajari Anak Minta Maaf

Sejak dini, Mums tentu perlu mengajarkan si Kecil untuk berani meminta maaf pada orang lain, apalagi jika ia telah melakukan kesalahan. Hal ini agar si Kecil tidak merasa malu atau gengsi meminta maaf saat ia melakukan kesalahan nantinya. Lantas, bagaimana cara mudah mengajari anak minta maaf?

Cara Mudah Mengajari Anak Minta Maaf

Mums tidak perlu bingung untuk mengajarkan anak meminta maaf sejak dini. Berikut cara mudah mengajari anak minta maaf yang bisa Mums terapkan!

1. Buat si Kecil Berpikir tentang Kesalahannya

Para ahli punya pendapat yang berbeda-beda mengenai cara mengajari anak untuk meminta maaf. Namun, secara umum, para ahli setuju bahwa membuat anak berpikir mengenai kesalahan apa yang telah dilakukan dan mengapa itu salah merupakan cara terbaik untuk mengajari anak minta maaf.

Setelah memberi si Kecil waktu untuk berpikir mengenai kesalahan dan tindakan yang telah dilakukan, tanyakan pada si Kecil apa yang bisa ia lakukan untuk memperbaiki atau menebus kesalahan tersebut. Jika si Kecil menyatakan bahwa ia ingin minta maaf, biarkan si Kecil meminta maaf atas inisiatifnya sendiri.

Baca juga: 8 Tips Mendidik Anak-anak Perempuan

2. Beri Tahu si Kecil saat Tindakannya Salah

Sebagai orang tua, Mums harus dengan jelas menyatakan saat apa yang dilakukan atau tindakannya salah dan tidak dapat diterima. Kalau Mums mengabaikan tindakan yang salah itu, justru akan membuat si Kecil berpikir kalau apa yang dilakukannya tidak buruk dan tidak memiliki akibat yang negatif.

Baca Juga :  Mums, Inilah Manfaat Bermain Masak-masakan bagi Anak!

3. Katakan Kalau Perasaan Temannya Bisa Terluka

Pada usia 4-5 tahun, si Kecil sebenarnya mulai belajar untuk berempati. Pada usia ini jugalah Mums harus memberi tahu dan membantu si Kecil memahami saat ia melakukan kesalahan, maka orang lain mungkin saja merasa terluka.

Untuk mendorong si Kecil berani meminta maaf, minta si Kecil melihat reaksi dari apa yang dilakukan si Kecil pada temannya. Jika temannya marah atau sedih karena kesalahan atau tindakan yang dilakukannya, minta si Kecil untuk berani meminta maaf.

Baca juga: Haruskah Anak-anak Dicek Tekanan Darahnya?

Selain itu, jangan biarkan si Kecil merasa tidak dicintai karena telah melakukan sesuatu atau kesalahan apapun. Saat si Kecil melakukan perilaku yang tidak Mums sukai, katakanlah pada si Kecil kalau Mums tidak menyukai itu. Meski Mums tidak menyukai tindakannya, jangan abaikan si Kecil dan katakan bahwa Mums tetap menyayanginya.

4. Usahakan untuk Menjadi Contoh yang Baik bagi si Kecil

Anak-anak sering kali melihat apa yang dilakukan orang tuanya dan mencontoh hal tersebut. Oleh karena itu, usahakanlah untuk menjadi contoh yang baik bagi si Kecil. Usahakan juga agar semua anggota keluarga berani meminta maaf jika melakukan kesalahan. Tunjukkan bahwa Mums berani meminta maaf terlebih dahulu setelah membuat si Kecil sedih, misalnya.

Baca Juga :  Klorokuin Tak Lagi Digunakan untuk Pengobatan COVID-19

5. Berilah si Kecil Apresiasi saat Berani minta Maaf

Saat si Kecil meminta maaf pada temannya setelah melakukan kesalahan, jangan lupa untuk memberikannya pujian. Hal ini dilakukan untuk memotivasi si Kecil agar selalu dan terbiasa meminta maaf setiap kali melakukan kesalahan.

Baca juga: Cara Mengembangkan 8 Jenis Kecerdasan Anak

Itulah kelima cara mudah mengajari anak minta maaf yang bisa Mums lakukan. Semoga bisa membantu ya, Mums. Oh iya, kalau punya pertanyaan seputar tumbuh kembang atau ingin sharing dengan Mums lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Forum’ yang tersedia di aplikasi Teman Bumil. Cobain yuk fiturnya sekarang!

Referensi

Very Well Family. 2019. Teach kids the reasons behind saying sorry.

Motherly. Don’t make your child say ‘I’m sorry’–what to do instead.

Ask dr. Sears. 2018. 5 ways to teach children to apologize.

Comment