Mums, Inilah Manfaat Bermain Masak-masakan bagi Anak!

Anak-anak memang suka bermain, salah satunya masak-masakan. Bagi si Kecil, bermain masak-masakan tidak hanya seru dan menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya. Lantas, apa saja manfaat bermain masak-masakan bagi anak?

Manfaat Bermain Masak-masakan bagi Anak

Melalui bermain, si Kecil dapat belajar dan mengembangkan kemampuan yang penting untuk tumbuh kembangnya. Berikut manfaat bermain masak-masakan bagi anak yang perlu Mums atau Dads ketahui!

1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Salah satu manfaat bermain masak-masakan bagi anak ialah meningkatkan kemampuan bahasa. Saat bermain masak-masakan bersama si Kecil, usahakan Mums menjelaskan setiap langkah dan minta ia untuk mengikuti Mums. Dengan begitu, si Kecil akan mengetahui dan mengembangkan kosakata baru.

Baca juga: Mau si Kecil Pintar? Ajak Ia Bermain Yuk, Mums!

2. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus

Mencampurkan bahan-bahan masakan, bermain seolah-olah menggulung adonan hingga memotong kue merupakan berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus si Kecil. Kemampuan motorik halus ini tentu diperlukan untuk mendukung atau mengembangkan kemampuan si Kecil dalam menulis, menggunting, hingga mewarnai nantinya.

3. Mengenalkan Jumlah dan Angka

Dengan bermain masak-masakan dengan si Kecil, Mums bisa mengenalkan jumlah dan angka pada si Kecil. Ia akan belajar berbagai ukuran, misalnya 1 sendok teh, 1 cangkir, dan sebagainya.

Baca Juga :  Prosedur Tes Swab Covid-19 dan Biayanya

Saat bermain masak-masakan bersama si Kecil, Mums juga bisa mengenalkan angka dengan berhitung bersama. Aktivitas ini tentu penting untuk mendukung kemampuan matematika dasar yang diperlukan si Kecil nantinya.

Baca juga: Manfaat Bermain Catur bagi Anak

4. Meningkatkan Fokus dan Perhatian

Saat bermain masak-masakan, si Kecil perlu fokus dan memperhatikan setiap detail bahan makanan ataupun langkah-langkah dalam memasak. Alasan inilah yang membuat bermain masak-masakan juga dapat meningkatkan fokus serta perhatian pada anak-anak.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat bermain masak-masakan bagi anak lainnya ialah rasa percaya diri yang semakin meningkat. Meski hanya bermain, namun saat si Kecil berhasil menyelesaikan atau membuat menu masakan, ia akan merasa bangga serta percaya diri. Selain itu, melalui bermain masak-masakan, ia menjadi lebih mandiri.

Baca juga: Mengembangkan Karakter Anak dengan Bermain

6. Mempererat Ikatan Keluarga

Tidak hanya kelima hal di atas, salah satu manfaat bermain masak-masakan bagi anak ialah mempererat ikatan keluarga. Saat Mums atau Dads meluangkan waktu untuk si Kecil untuk bermain masak-masakan bersama, ini akan membuat si Kecil makin dekat dengan Mums ataupun Dads.

Baca Juga :  Survei: 82% Tenaga Kesehatan Alami Kelelahan Selama Pandemi

7. Meningkatkan Kreativitas

Tahukah Mums atau Dads kalau bermain masak-masakan juga dapat meningkatkan kreativitas si Kecil? Biarkan si Kecil menggunakan imajinasi untuk membuat resep atau menu masakannya sendiri. Hal ini untuk melatih atau mengembangkan kreativitas si Kecil.

Baca juga: Anak Bermain Tanah? Ternyata Ada Manfaatnya untuk Kesehatan!

Itulah ketujuh manfaat bermain masak-masakan bagi anak yang penting untuk tumbuh kembangnya dan perlu Mums ketahui. Seperti yang Mums ketahui, melalui bermain, si Kecil juga belajar banyak hal. Nah, saat bermain masak-masakan dengan si Kecil, ajarkan juga untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ya Mums!

Jadi, sudahkah Mums bermain dengan si Kecil? Oh iya, kalau punya pertanyaan seputar tumbuh kembang si Kecil atau ingin berbagi pengalaman dengan Mums lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur ‘Forum’ yang tersedia di aplikasi Teman Bumil. Cobain yuk Mums fiturnya sekarang!

Referensi

Big Jigs Toys. 2015. 10 Benefits of Cooking & Cooking Role Play.

Mommy University. 2015. 10 Benefits of Cooking with Kids.

Comment