Cara Seru Mengenalkan Arti Kemerdekaan pada Anak 4-5 Tahun

Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus dirayakan oleh seluruh masyarakat di seluruh penjuru tanah air, dari orang dewasa hingga anak-anak. Selain merayakan kemerdekaan dengan berbagai acara dan kegiatan, Mums juga perlu lho mengenalkan arti kemerdekaan pada anak. Tapi, bagaimana caranya, ya?

Kenapa Perlu Mengenalkan Arti Kemerdekaan pada Anak?

Sebelum mengetahui berbagai cara mengenalkan arti kemerdekaan pada anak, Mums perlu mengetahui alasan pentingnya mengenalkan arti kemerdekaan pada anak nih. Dengan mengenalkan arti kemerdekaan pada si Kecil, ia akan memahami pentingnya persatuan. Selain itu, si Kecil juga akan menyadari atau mengakui keberagaman, serta lebih mencintai bangsa sendiri.

Cara Mengenalkan Arti Kemerdekaan pada Anak 4-5 Tahun

Agar menyenangkan dan membuat si Kecil tertarik, berikut berbagai cara mengenalkan arti kemerdekaan pada anak 4-5 tahun yang bisa Mums terapkan dan lakukan!

1. Jelaskan Dulu Arti Kemerdekaan

Pertama, Mums tentu harus menjelaskan terlebih dahulu arti atau makna kemerdekaan pada si Kecil. Mums bisa menjelaskan kalau merdeka ialah kondisi bebas memperoleh hak dan tidak bergantung kepada orang lain. Namun, Mums juga perlu menjelaskan perbedaan arti merdeka zaman dahulu dengan sekarang.

Mums bisa bercerita kalau Indonesia dulu perlu berperang melawan penjajah untuk bisa merdeka. Sedangkan, sekarang tidak harus seperti itu. Hal ini bisa membuat si Kecil memahami arti kemerdekaan. Mums juga bisa mencontohkan kemerdekaan saat ini, seperti saat ia yang bebas memilih cita-citanya.

Baca Juga :  Tips agar Si Kecil Cerdas Sejak Dini

Baca juga: Ayo Ikuti 7 Perlombaan Sehat Ini di Hari Kemerdekaan!

2. Ajak si Kecil ke Museum

Salah satu cara seru mengenalkan arti kemerdekaan pada anak ialah dengan mengajaknya ke museum. Dengan begitu, si Kecil akan mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia serta bagaimana perjuangan penduduk Indonesia saat itu. Mums dan si Kecil bisa mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Tugu Proklamasi, Museum Joang ‘45, dan sebagainya.

3. Ajak si Kecil Menonton Upacara Kemerdekaan di Televisi

Si Kecil yang masih duduk di bangku TK belum pernah melakukan upacara setiap Senin. Hal inilah yang bisa membuatnya bertanya-tanya seperti apa upacara itu. Nah, Mums bisa mengajak si Kecil untuk menonton upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia di televisi setiap tahunnya. Mums juga bisa menjelaskan pada si Kecil selama menonton upacara tersebut.

Baca juga: Jangan Sampai Pingsan saat Upacara Hari Kemerdekaan

4. Ajak si Kecil Bernyanyi Lagu Nasional Bersama

Cara seru lainnya mengenalkan arti kemerdekaan pada anak ialah dengan mengajak si Kecil bernyanyi lagu nasional bersama. Mums bisa mengajari si Kecil bernyanyi lagu Indonesia Raya terlebih dahulu. Setelah ia lancar menyanyikan lagu tersebut, Mums bisa mengenalkan lagu nasional lainnya, seperti Bendera Merah Putih, Garuda Pancasila, dan sebagainya.

Baca Juga :  Pocari Sweat Bintang SMA 2022 Digelar: Jadi Inspirasi Positif Lintas Generasi

5. Ajak si Kecil untuk Mengikuti Berbagai Lomba

Setiap tahunnya, hari kemerdekaan Indonesia dirayakan dengan berbagai kegiatan atau lomba yang seru untuk anak. Nah, Mums bisa melibatkan dan mengajak si Kecil untuk mengikuti berbagai lomba tersebut. Tidak hanya seru, lomba tersebut dapat meningkatkan jiwa kompetisi dan tak menyerah untuk meraih kemenangan.

Mums bisa bercerita dengan menghubungkan lomba yang baru saja si Kecil ikuti dengan perjuangan pahlawan dan penduduk Indonesia saat itu melawan penjajah hingga akhirnya meraih kemenangan, yaitu bisa memproklamasikan kemerdekaan dan terbebas dari penjajah.

Baca juga: Mengajarkan Anak tentang Toleransi dengan Cara Ini Yuk, Mums!

Itulah kelima cara seru mengenalkan arti kemerdekaan pada anak 4-5 tahun. Selamat mencoba kelima cara di atas, Mums!

Sumber:

She Knows. 2012. Teaching your kids about Independence Day.

Play Ablo. 2018. 8 ways you can teach new things to your children this independence day.

Comment