1500 Personel Gabungan Siap Amankan Imlek dan Cap Go Meh di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Polda Kalimantan Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Liong Kapuas 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2571 dan Cap Go Meh 2020 yang dilangsungkan di Alun-alun Kapuas Pontianak, Kamis (23/1/2020).

Apel yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Imam Sugianto ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Alfred Denny D Tuejeh dan jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar lainnya serta diikuti personil TNI, Kodam XII/Tanjungpura dan stakeholder lainnya.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan, berikut kelengkapan sarana prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral,” ucap Wakapolda.

Ia mengungkapkan bahwa dalam mensukseskan perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini pihaknya melibatkan 1.500 personel gabungan.

“Untuk fokus Operasi Liong Kapuas 2020, terdapat enam wilayah yang melaksanakan yaitu Pontianak, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang dan Kubu Raya. Wilayah lainnya melaksanakan operasi imbangan,” tukasnya.

Baca Juga :  Di Pekan QRIS Nasional 2023, Sutarmidji Sebut Hanya Orang "Sepok" yang Masih Nyimpan Uang Banyak di Dompet

Wakapolda juga menyatakan, perayaan Imlek dan Cap Go Meh terutama di wilayah Pontianak dan Singkawang memerlukan jaminan stabilitas kamtibmas agar setiap rangkaian kegiatan, ritual keagamanan dapat berjalan dengan tertib dan aman.

“Kita ketahui bersama, perayaan Imlek dan Cap Go Meh merupakan even berskala internasional dan menjadi pusat perhatian dunia. Maka tanggung jawab keamanan merupakan prioritas yang utama sebagai indikator kesuksesaan perayaannya,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, peranan TNI Polri dan selurh steakholder yang mengawaki operasi Liong Kapuas sangat besar dalam mengawal dan mensukseskan perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2020.

“Kita akan gelar kekuatan di setiap titik titik kerawanan,” ucapnya.

Baca Juga :  Wagub Kalbar: Peningkatan Kualitas SDM Harus Jadi Fokus Kabupaten Kayong Utara

Dalam kesempatan ini juga Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Imam Sugianto mengingatkan bahwa Kalimantan Barat kaya akan budaya dan terbiasa hidup dengan keberagaman. Untuk itu ia mengimbau agar sama sama menjaganya.

“Kita harus bersyukur dengan berbagai potensinya, dapat hidup rukun. Ini harus kita jaga bersama,” tandasnya.

Sementara Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengapresiasi kesiapan TNI-Polri dalam rangka mengamankan Imlek dan Cap Go Meh di Kalbar.

“Pemprov Kalbar memberikan apresiasi kepada TNI-Polri yang siap mengamankan Imlek dan Cap Go Meh,” ujarnya.

“Pemprov Kalbar bersama jajaran dan TNI-Polri siap amankan imlek dan Cap Go Meh,” tegasnya.

Pemprov Kalbar, kata dia, juga akan mendukung perayaan Cap Go Meh yang dipusatkan di Kota Singkawang, lantaran perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang merupakan salah satu destinasi pariwisata di Kalbar bertaraf internasional.

“Kota Singkawang jadi Destinasi Pariwisata Kalbar dan harus kita gaungkan hingga manca negara,” pungkasnya. (Fai)

Comment