by

44 Anggota DPRD Kubu Raya Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebanyak 44 Anggota DPRD Kubu Raya periode 2019-2024 resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kubu Raya yang dilangsungkan di Qubu Resort Kubu Raya, Selasa (17/9/2019).

Pengucapan Sumpah/Janji anggota dewan tersebut dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Mempawah dengan didampingi masing-masing pemuka agama.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji yang turut hadir pada kesempatan itu berpesan kepada pimpinan sementara beserta anggota DPRD Kubu Raya untuk segera menetapkan Ketua DPRD definitif beserta seluruh perangkat DPRD. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diselesaikan, salah satunya adalah APBD tahun 2020.

“Ketua sementara saya harapkan dapat memimpin seluruh anggota dewan dan melengkapi alat kelengkapan dewan, komisi, fraksi, banggar dan seluruh perangkat lainnya. Dewan punya tugas membahas APBD 2020 yang belum disahkan,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini juga menekankan kepada para anggota dewan tentang pentingnya harmonisasi antara lembaga eksekutif dan legislatif. Sebab menurutnya, sinergitas yang baik antar dua lembaga ini dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang dapat menjawab keinginan masyarakat.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kubu Raya periode 2014-2019 atas pengabdiannya. Kepada jajaran anggota DPRD Kubu Raya periode 2019-2024, Sutarmidji berharap bisa membawa perbaikan-perbaikan untuk kemajuan Kubu Raya.

“Selamat kepada anggota DPRD Kubu Raya yang baru dilantik, semoga membawa perubahan Kubu Raya lebih baik dan lebih maju,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama Ketua DPRD Kubu Raya sementara, Zulkarnain dari PDI Perjuangan mengatakan, sesuai dengan mandat yang telah diberikan, dirinya bersama Wakil Ketua DPRD sementara, Teguh Wibowo dari Partai Demokrat akan menjalankan tupoksi sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan semaksimal mungkin.

Sesuai dengan ketentuan yang ada, lanjut dia, tugas Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kubu Raya sementara ini antara lain, memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan raperda tentang tatib DPRD, memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

“Kami juga mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh anggota dewan yang terpilih dan pihak eksekutif serta masyarakat Kubu Raya agar para anggota lembaga legislatif yang baru dilantik pada untuk periode 2019-2024 bisa menjalankan amanah dan melaksanakan aspirasi masyarakat yang telah memilih,” tukasnya.

Dari total 45 orang yang dibacakan Surat Keputusannya sebagai anggota DPRD Kubu Raya, terdapat satu orang anggota yang tidak jadi dilantik pada kesempatan tersebut yakni Darmansyah yang merupakan anggota DPRD Kubu Raya dari daerah pemilihan Sungai Raya I. Darmansyah batal dilantik karena berpulang ke rahmatullah pada Minggu (15/9/2019) lalu.

Berikut nama-nama anggota DPRD Kubu Raya periode 2019-2024 berdasarkan jumlah perolehan kursi partai politik

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

– Usman A. Rasyid

– Yohanes Tjin Tjun Fa

– Muhammad Iqbal

– Agus Sudarmansyah

– Bagus Prasetyo

– Zulkarnain (Ketua Sementara)

– Yoga Irawan

– Nelly Liony

2. Partai Demokrat

– Hamdan

– Muhhidin

– Teguh Wibowo (Wakil Ketua Sementara)

– Dessy Fitri Anggraeni

– Usman

– Ani Suryani

3. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

– Yuslanik

– Ummi Kultsum

– Ichwani

– Rohmad

– Akhmadsyah H. A. Aziz

4. Partai Golongan Karya (Golkar)

– Darmansyah (tidak dilantik karena meninggal dunia)

– Suharso

– Ahmad

– Abdullah

5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

– Ida Suryani

– Johan Saimima

– Utin Nurvita

– K.H. Hanafi

6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

– Fahrul Haji

– M. Salahuddin

– M. Amri

– Zabur

7. Partai Amanat Nasional (PAN)

– Syf. Dewi Andriani

– Inna Marshala

– Lendeng Syahrani

– Herianto H. Rifai

8. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

– Zainal Abidin

– Herianto

– Renaldi Saputra

– Maimunah

9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

– Ahmad Sudi

– Syahdan M. Nur

– Junaidi

10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

– Norali

– Paino Ahmad

– Benny Farianto (ian)

Comment

News Feed