Ribuan Umat Muslim Sekadau Sholat Idul Adha di Terminal Lawang Kuari

KalbarOnline, Sekadau – Ribuan umat Muslim memadati Terminal Lawang Kuari untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 Hijriah, Rabu (11/8/2019) pagi. Dalam pelaksanaannya, bertindak sebagai imam Sholat Ied, Muhammad Aksin, sebagai Khatib, Muhammad Ali dan sebagai Bilal, Sahbandi.

Dalam khotbahnya, Khatib Muhammad Ali menyampaikan pesan dan makna hari raya kurban yakni peristiwa yang agung keluarga Nabi Ibrahim. Ia mengajak jamaah untuk mengambil hikmah dan pelajaran dalam kisah Nabi Ibrahim.

“Mari kita bercermin dengan kehidupan keluarga Nabi Ibrahim yang rela berkurban dengan menyembelih anaknya Ismail,” ungkapnya.

Selaku Khatib, ia juga menegaskan di momentum HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini untuk diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Karena kemedekaan Indonesia diraih dan direbut dengan pengorbanan dengan tumpah darah dengan takbir. Maka, kita jaga persatuan dan kesatuan menjaga persaudaraan,” tegasnya.

Seperti diketahui, Idul Adha dinamai juga “Idul Nahr” artinya hari raya penyembelihan. Hal ini untuk memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim. Akibat dari kesabaran dan ketabahan Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan, Allah memberinya sebuah anugerah, sebuah kehormatan “Khalilullah” (kekasih Allah).

Selama pelaksanaan, Sholat Idul Adha di Terminal Lawang Kuari berjalan aman dan lancar. Terpantau pula, di sejumlah titik dijaga ketat oleh aparat Polres Sekadau. Usai Sholat Ied dilanjutkan pemotongan hewan kurban di sejumlah masjid dan surau di Kabupaten Sekadau. (Mus)

Tinggalkan Komentar