Lepas Kloter Pertama Haji Kalbar, Sutarmidji : Maksimalkan Ibadah

Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat melepas kloter haji pertama Kalbar di Bandara Supadio
Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat melepas kloter haji pertama Kalbar di Bandara Supadio (Foto: Humas Pemprov Kalbar)

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berpesan kepada Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kalbar untuk melaksanan prosesi ibadah haji dengan baik dan semaksimal mungkin. Sebab, kata dia, waktu antri untuk menunaikan ibadah haji cukup lama. Sehingga sangat disayangkan jika tidak dilaksanakan dengan maksimal.

“Artinya cita-cita untuk haji sudah lama dan sekarang dapat giliran, maksimalkan khusus untuk beribadah,” ujar Sutarmidji saat melepas keberangkatan JCH kloter pertama Provinsi Kalbar di Bandara Supadio, Minggu (14/7/2019).

Orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini juga mengingatkan kepada para jamaah untuk dapat mengikuti petunjuk dari pimpinan kloter atau kelompok.

“Jangan sampai merasa udah pernah umroh sehingga merasa pandai sendiri dan itu tidak boleh juga, supaya semuanya berjalan dengan baik, ikuti petunjuk,” ingatnya.

Mengingat cuaca di Mekkah saat ini cukup panas dengan suhu udara mencapai 40 sampai dengan 44 derajat celcius, dirinya turut meminta semua jemaah untuk terus menjaga kesehatan dan menyesuaikan diri.

“Saya mendoakan semua JCH asal Kalbar bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah rukun Islam ke lima tersebut dan saya doakan menjadi haji mabrur serta dapat kembali ke tanah air dengan selamat,” pungkasnya.

Seperti diketahui, JCH yang dilepas tersebut merupakan kloter pertama Kalbar yang tergabung dalam kloter 11 dengan total sebanyak 445 jamaah termasuk TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) yang akan diterbangkan menuju embarkasi Batam, kemudian pada Senin (15/7/2019), para jamaah ini akan diterbangkan dari embarkasi Batam menuju tanah suci Mekkah.

Diketahui pula, JCH Kalbar yang akan berangkat pada musim haji 1440 hijriah atau tahun 2019 ini berjumlah sebanyak 2.741 jamaah dari total kuota sebanyak 2.763 jamaah yang tergabung dalam tujuh kloter yakni kloter 11-16 dan kloter 29. (Fai)

Tinggalkan Komentar