Gubernur Sutarmidji Minta Jamaah Calon Haji Kalbar Jaga Kesehatan

Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan sambutannya saat ramah tamah bersama ribuan jamaah calon haji Kalbar
Gubernur Kalbar, Sutarmidji memberikan sambutannya saat ramah tamah bersama ribuan jamaah calon haji Kalbar (Foto: Fai)

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meminta para jamaah calon haji asal Kalbar terus menjaga kesehatan serta mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani. Sebab, ibadah haji merupakan ibadah yang banyak menguras tenaga, tentu dibutuhkan kondisi tubuh yang fit dan prima. Terlebih, kata dia, suhu di Mekkah dan Madinah diperkirakan mencapai 40 hingga 46 derajat celcius.

“Terus jaga kesehatan. Banyak-banyak minum, hindari hal-hal yang bisa menyebabkan dehidrasi, intinya lebih waspada dan menyesuai diri. Mudah-mudahan, Allah akan memudahkan para jamaah kita menunaikan ibadah hajinya,” ujar Sutarmidji saat diwawancarai usai ramah tamah sekaligus melepas ribuan Jamaah calon haji asal Kalbar yang dilangsungkan di Pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (13/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Midji mengucap syukur kuota haji Kalbar musim haji 2019 ini mendapat tambahan sebanyak 236 orang. Sehingga kuota haji Kalbar yang sebelumnya hanya 2.527 jamaah meningkat menjadi menjadi 2.763 yang tergabung dalam tujuh kloter. Dari jumlah sebanyak itu, hanya 2.741 jamaah yang menyatakan siap untuk diberangkatkan.

Kendati demikian Midji berharap tahun depan, kuota haji Kalbar mendapat lebih banyak tambahan. Pasalnya, kata dia, saat ini jumlah umat Muslim di Kalbar sudah mencapai lebih dari tiga juta jiwa.

“Harusnya kuota haji di Kalbar ini sudah lebih dari 3.000 setiap tahunnya yang berangkat haji. Saya harap tahun depan bisa di atas 3.000. Karena jumlah umat Muslim di Kalbar ini sudah lebih dari tiga juta jiwa, artinya satu persen kuota haji kita itu harusnya 3000,” tukasnya.

Dirinya juga meminta agar para jamaah terus mengikuti arahan pembimbing atau petugas haji sekalipun sebelumnya sudah pernah menunaikan ibadah haji.

“Semuanya saya minta ikuti arahan pembimbingnya, walaupun sudah haji kedua, jangan sampai tidak mengikuti arahan pembimbing, itu wajib. Saya minta petugas haji betul-betul melayani para jamaah dan mudah-mudahan para jamaah semuanya mendapat haji yang mabrur dan bisa kembali dengan selamat ke tanah air,” tandasnya.

Seperti diketahui jamaah calon haji Kalbar yang akan berangkat pada musim haji 2019 ini sebanyak 2.741 jamaah yang tergabung dalam tujuh kloter yakni kloter 11-16 dan kloter 29. Untuk kloter 11, rencananya akan diberangkatkan pada 14 Juli 2019 dari Pontianak menuju embarkasi Batam yang akan dilepas oleh Gubernur Sutarmidji. Sementara dari Batam menuju Arab Saudi, rencananya akan dilepas oleh Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan. (Fat)

Tinggalkan Komentar