Sukseskan Musim Haji 2019, Kanwil Kemenag Kalbar Terus Lakukan Persiapan Maksimal

Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Ridwansyah saat diwawancarai awak media mengenai persiapan haji musim haji 2019
Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Ridwansyah saat diwawancarai awak media mengenai persiapan haji musim haji 2019 (Foto: Fat)

2.741 Calon Jamaah Haji Kalbar siap diberangkatkan

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalbar, Ridwansyah menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan persiapan semaksimal mungkin untuk menyukseskan musim haji 1440 hijriah atau 2019 ini.

Untuk itu pihaknya terus memperkuat koordinasi dengan semua pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan haji ini agar musim haji 1440 hijriah ini berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah persiapan sudah sangat matang dan calon jamaah haji Kalbar yang akan berangkat tahun ini sebanyak 2.741 yang tergabung dalam tujuh kloter,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/7/2019).

Untuk itu pihaknya juga mengajak seluruh calon jamaah haji Kalbar untuk terus mempersiapkan diri baik jasmani dan rohani, secara fisik dan segala sesuatunya.

“Yang tak kalah penting, terus jaga kesehatan, jangan sampai momen yang sudah lama dinanti ini, tapi di hari pelaksanaan jamaah malah tidak fit, karena ini perjalanan yang cukup panjang,” pesannya.

Selain itu, dirinya mengaku, pihaknya terus mewanti-wanti seluruh jajaran Kementerian Agama tingkat kabupaten/kota se-Kalbar agar dapat memberikan pembekalan manasik yang baik kepada calon jamaah haji.

“Kita terus berikan bimbingan manasik kepada jamaah kita mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten dengan harapan seluruh jamaah kita dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan memperoleh haji yang mabrur dan bisa kembali dengan selamat di tanah air,” tukasnya.

Dirinya juga mengucap syukur pada tahun 2019 ini Kalbar mengalami peningkatan kuota haji yang sebelumnya hanya 2.527 jamaah meningkat menjadi menjadi 2.763.

“Alhamdulillah ada peningkatan kuota sebanyak 236 jamaah. Namun sampai akhir pelunasan dan kita sudah informasikan ke seluruh jamaah, Alhamdulillah yang akan berangkat di tahun ini sebanyak 2.741 jamaah dari Kalbar,” imbuhnya.

Kloter pertama yakni kloter 11 yang akan diberangkatkan pihaknya pada tanggal 14 Juli dari Pontianak menuju Batam dan pada keesokan harinya yakni pada 15 Juli akan diberangkatkan dari Batam menuju Arab Saudi.

“Kloter pertama akan kita berangkatkan pada tanggal 14 juli bertolak Pontianak-Batam, karena embarkasi kita di batam. Tanggal 15 Juli akan kita berangkatkan dari Batam ke Arab Saudi. Seiring berjalan waktu, kloter berikutnya akan mengikuti seperti kloter pertama. Untuk itu, kloter 11 ini sudah akan masuk asrama haji di Pontianak pada tanggal 13 Juli,” tukasnya.

“Saat ini asrama haji sedang kita bersihkan dan kita lakukan fogging dan pelayanan kebersihan dan kesehatan lainnya, supaya kamar-kamar ini dalam keadaan bersih dan jamaah haji kita tidak sakit,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji juga memastikan persiapan haji di Kalbar sudah berjalan dengan baik dan hanya tinggal menunggu waktu pemberangkatan.

“Persiapan haji pada musim haji 1440 hijriah ini, saya rasa sudah berjalan dengan baik dan tinggal menunggu pemberangkatan. Yang pasti semuanya sudah siap. Mudah-mudahan seperti tahun-tahun sebelumnya tidak ada kendala, saya rasa tahun ini pendampingnya juga lebih siap,” ucapnya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Diketahui bahwa terdapat calon jamaah haji Kalbar dengan usia tertua yakni 93 tahun dan termuda 18 tahun yang masing-masing berasal dari Kabupaten Sambas. Namun hal ini masih terus dilakukan pendataan oleh Kanwil Kemenag Kalbar untuk memberikan informasi yang valid. (Fai)

Tinggalkan Komentar