Pontianak Target Raih Juara Umum Popda Provinsi Kalbar

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan arahannya sesaat sebelum melepas kontingen Pontianak yang akan berlaga di ajang Popda Kalbar
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan arahannya sesaat sebelum melepas kontingen Pontianak yang akan berlaga di ajang Popda Kalbar (Foto: Jim)

Edi Kamtono : KONI catat rekor yang ada sebagai tolok ukur prestasi atlet

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menargetkan kontingen Kota Pontianak dapat mendulang medali emas sebanyak-banyaknya dan menjadi juara umum pada Popda (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) tingkat Provinsi Kalbar.

Hal itu disampaikan Edi saat melepas kontingen Kota Pontianak yang akan berlaga dalam ajang Popda Provinsi Kalbar di Ruang Rapat Wali Kota, Jumat (14/6/2019).

Orang nomor wahid di Kota Pontianak ini turut berujar, dengan mengikuti Popda tingkat provinsi ini diharapkan menjadi evaluasi apabila atlet-atlet Pontianak lolos dan menjadi yang terbaik maka akan mewakili Kalbar pada Popnas mendatang.

“Kita harapkan muncul regenerasi atlet-atlet kita yang berprestasi di tingkat nasional,” ujarnya.

Menurutnya, pembinaan bagi bibit-bibit atlet ini menjadi tugas dan tanggung jawab Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak bersama KONI Kota Pontianak untuk mencetak atlet di seluruh cabang olahraga yang ada.

“Ukuran standar untuk cabang olahraga (cabor) yang terukur seperti atletik itu diharapkan bisa mencapai limit yang terbaik dan tercepat. KONI juga harus mencatat, rekor nasional, rekor provinsi dan rekor kota supaya kita ada tolak ukur dalam latihan nanti,” papar Edi.

Untuk tingkat nasional, ia menyebut ada beberapa cabor unggulan yang dimiliki Kota Pontianak. Di antara cabor itu adalah balap sepeda, pencak silat, anggar, angkat berat, billiard, wushu dan sebagainya. Cabor-cabor itu harus terus dibina dan diasah serta dipertahankan sehingga Kota Pontianak diperhitungkan untuk cabor unggulan.

“Itu menjadi fokus kita karena sudah jelas, dan cabor lainnya kita tingkatkan prestasinya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disporapar Kota Pontianak, Syarif Saleh menyatakan, kontingen Pontianak diperkuat 48 atlet untuk lima cabor.

“Lima cabor yang kita ikuti adalah taekwondo, karate, atletik, tinju dan volly pasir,” terangnya.

Sebagai gudangnya atlet di Provinsi Kalbar, Saleh menilai, sudah semestinya Pontianak menjadi barometer dalam prestasi olahraga.

“Pontianak harus juara umum dan meraih medali emas terbanyak di Popda Tingkat Provinsi Kalbar ini, karena tiap tahun kita juara umum dan ini harus dipertahankan,” pungkasnya. (jim/humpro)

Tinggalkan Komentar