Gandeng Kejaksaan dan Kodim 1203, Aliansi Jurnalis Ketapang Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim

KalbarOnline, Ketapang – Sejumlah insan pers dari media cetak, elektronik dan online yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) menggelar kegiatan buka puasa bersama dengan puluhan anak yatim di Yayasan Panti Asuhan Al-Akbar yang terletak di Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan, Minggu (26/5/2019).

Dalam kegiatan tersebut AJK turut menggandeng Kejaksaan Negeri Ketapang yang diwakili oleh Kasi Pidum, Rudi Astanto dan Pasi Ops Kodim 1203 Ketapang, Kapten Inf Andri Fitri. Selain buka puasa bersama, juga dilakukan penyerahan bantuan dan santunan kepada pengurus panti asuhan.

Kepala Panti Asuhan Al-Akbar, Iswardi mengaku senang atas kunjungan dari para rekan-rekan media serta perwakilan Kejaksaan Negeri Ketapang dan Kodim 1203 Ketapang yang turut memberi motivasi dan berbagi rezeki kepada anak-anak panti asuhan yang ia kelola.

“Kami bersyukur masih ada pihak-pihak yang peduli terhadap keberadaan anak yatim di Ketapang. Harapan kami akan banyak pihak-pihak lain yang juga turut peduli membantu anak-anak yatim ini,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Baca Juga :  Babinsa Telaga Arum Hadiri Rapat Pembentukan Panitia Pemilihan BPD Desa Binaanya: Rumuskan Langkah

Iswardi menyebut, saat ini anak asuhnya berjumlah 41 orang. Anak-anak yatim tersebut berasal dari berbagai Kecamatan, bahkan ada yang dari Kabupaten Kubu Raya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anak asuhnya, Iswardi mengaku mendapat bantuan dari para dermawan yang ada di Ketapang.

“Alhamdulillah bantuan ada saja, walaupun tidak bisa mencukupi semuanya. Tetapi ada saja rezeki dari Allah, hingga sampai sekarang anak-anak bisa sekolah,” ungkapnya.

Hanya saja, diakuinya, selama hampir 19 tahun berdiri memang sebelumnya ada juga bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang hanya sejak beberapa tahun terakhir pihak panti asuhannya tidak lagi mendapat bantuan dari Pemda Ketapang.

“Padahal sesuai Undang-undang anak yatim dan orang terlantar harus diperhatikan oleh negara, makanya kita berharap Pemda bisa peduli lagi sama keberadaan anak yatim yang ada di setiap panti asuhan di Ketapang termasuk di Al-Akbar ini, soalnya terakhir kami mendapat bantuan Pemda kalau tidak salah pada zaman Pak Henrikus setelah itu tidak ada lagi,” tukasnya.

Baca Juga :  Gandeng Puskesmas Sungai Laur, Cita Mineral Investindo Gelar Pengobatan Gratis dan Konseling Gizi

Sementara perwakilan AJK, Theo Bernadhi, S.Sos mengatakan bahwa agenda buka puasa bersama dan berbagi bantuan kepada Panti Asuhan Al-Akbar ini merupakan inisiatif pihaknya yang disupport oleh rekan-rekan Kejaksaan Negeri Ketapang dan Kodim 1203 Ketapang.

Ia berujar, dalam kesempatan tersebut selain melaksakan buka bersama, pihaknya memberikan bantuan berupa beberapa sembako serta santunan yang diberikan kepada seluruh anak-anak panti asuhan Al-Akbar Ketapang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kejari Ketapang, Kodim 1203 Ketapang, Bang Reza satu di antara warga Ketapang yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” katanya.

Ia menambahkan, ke depan pihaknya berharap dapat terus istiqomah melalui wadah AJK untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan berbagi kepada pihak-pihak yang memang layak mendapatkan bantuan.

“Kami juga berharap, Pemda melalui instansi terkait untuk turut memperhatikan dan peduli terhadap keberadaan panti asuhan yang ada di Ketapang, jikalau ada regulasi-regulasi yang menghambat harus ada kebijakan yang dibuat agar anak-anak panti maupun yang berhak mendapatkan bantuan bisa dibantu dan tidak terkesan terabaikan,” tandasnya. (Adi LC)

Comment