Marhaban Ya Ramadhan, Menteri Agama : 1 Ramadhan Jatuh Pada Senin 6 Mei 2019

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Istimewa)

KalbarOnline, Nasional – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers di kantor Kementerian Agama di Jakarta Pusat setelah melangsungkan sidang isbat sejak Minggu (5/5/2019) sore. Sidang isbat tersebut dihadiri di antaranya oleh perwakilan berbagai organisasi Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Planetarium Jakarta, serta perwakilan negara-negara sahabat.

“Hasil sidang isbat setelah mendengar posisi hilal dan mendengar kesaksian sejumlah petugas kita, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, Senin, 6 Mei 2019,” kata Lukman.

Sebelumnya, NU dan Muhammadiyah telah sama-sama mengumumkan bahwa 1 Ramadhan jatuh di hari yang sama, Senin esok, menurut penghitungan dan pengamatan hilalnya masing-masing.

Lukman berharap kebersamaan awal puasa ini dapat menjadi pertanda baik bagi masa depan bangsa Indonesia.

“Mudah-mudahan ini adalah simbol kebersamaan umat Islam di Indonesia bahwa kita awali puasa 1 Ramadhan secara bersama-sama sehingga ini semoga wujud kebersamaan kita sebagai anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa bersama-sama,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar