Marhaban Ya Ramadhan, Menteri Agama : 1 Ramadhan Jatuh Pada Senin 6 Mei 2019

KalbarOnline, Nasional – Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers di kantor Kementerian Agama di Jakarta Pusat setelah melangsungkan sidang isbat sejak Minggu (5/5/2019) sore. Sidang isbat tersebut dihadiri di antaranya oleh perwakilan berbagai organisasi Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Planetarium Jakarta, serta perwakilan negara-negara sahabat.

Baca Juga :  Dongkrak Nilai Ekonominya, Maman Minta UMKM Mempawah Gandeng BRIN Lakukan Inovasi Produk

“Hasil sidang isbat setelah mendengar posisi hilal dan mendengar kesaksian sejumlah petugas kita, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, Senin, 6 Mei 2019,” kata Lukman.

Sebelumnya, NU dan Muhammadiyah telah sama-sama mengumumkan bahwa 1 Ramadhan jatuh di hari yang sama, Senin esok, menurut penghitungan dan pengamatan hilalnya masing-masing.

Baca Juga :  Safari Ramadhan di Sanggau, Ria Norsan : Silaturahim Jalin Keharmonisan Demi Membangun Daerah

Lukman berharap kebersamaan awal puasa ini dapat menjadi pertanda baik bagi masa depan bangsa Indonesia.

“Mudah-mudahan ini adalah simbol kebersamaan umat Islam di Indonesia bahwa kita awali puasa 1 Ramadhan secara bersama-sama sehingga ini semoga wujud kebersamaan kita sebagai anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa bersama-sama,” tandasnya. (Fai)

Comment