Amankan Pemilu 2019 di Sanggau, TNI-Polri Kerahkan Kekuatan

Apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas 2019

KalbarOnline, Sanggau – Pelaksanaanpencoblosan pada Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Guna memantapkan kesiapan menghadapi pelaksanaan Pemilu, pasukan TNI-Polri di Kabupaten Sanggau menggelar apel pergeseran pasukan Operasi Mantap Brata Kapuas 2019 dalam rangka pengamanan TPS, yang dilangsungkan di halaman Mapolres Sanggau, Senin (15/4/2019) kemarin.

Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, SIK., MH dan Dandim 1204/Sgu, Letkol Inf Gede Setiawan didapuk sebagai pimpinan apel.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Sanggau, Ir. Yulia Theresia, Pimpinan BKO Polda Kalbar, Kompol Tambunan, Wakapolres Sanggau, Kompol Dudung setyawan, SH., MH, Pasiops Kodim 1204/Sanggau, Kapten Inf Agus Mulyana, Danki B Yonif 642/kps, Kapten Inf Teguh yudha, Kabag dan Kasat Polres Sanggau, Komisioner KPU dan Bawaslu Sanggau.

Dalam amanatnya Kapolres Sanggau menyampaikan bahwa hitungan hari Indonesia akan menyongsong puncak demokrasi Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

“Sesuai dengan rencana pengamanan pemilu Operasi Mantap Brata 2019, hari ini dilaksanakan apel gelar dalam rangka pergeseran pasukan pengamanan untuk ditempatkan di seluruh polsek jajaran,” ujarnya.

“Sebelumnya kita telah melaksanakan pengecekan melalui apel gelar pasukan bersama TNI dan stakeholder penyelenggara pemilu 2019, untuk melihat kesiapan akhir seluruh personil pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi 2019,” timpalnya.

Dalam kesempatan itu pula ia mengingatkan kepada seluruh personil pelaksana pengamanan agar senantiasa menjaga netralitas dan profesionalitas.

“Saya mengingatkan kepada seluruh personil pelaksana pengamanan untuk senantiasa menjaga netralitas dan profesionalitas. Mari kita hindari segala tindakan dan perilaku yang kontra produktif , yang justru dapat mengganggu jalannya pemilu 2019 nanti, serta menciderai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra Polri di mata masyarakat,” tegasnya.

Sementara Dandim 1204/Sanggau berpesan kepada seluruh personel agar selama pergeseran pasukan maupun pengamanan Pilpres dan Pileg mengutamakan faktor keamanan.

“Utamakan faktor keamanan, kami siap untuk mem-back-up Polres sanggau dalam pelaksanaan pengamanan pemilu 2019 ini, selama pelaksanaan pengamanan Pilpres dan Pilleg ikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Polri,” tegas Dandim.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan perlengkapan personil dan tactical floor game (TFG) dalam rangka pengamanan kontijensi pemilu 2019 nanti. (WWP)

Tinggalkan Komentar