Puluhan Ribu Jemaah Tumpah Ruah Padati Kalbar Bersholawat dan Bertabayun

Umat bersatu, jaga kebhinekaan dan sukseskan Pemilu 2019

KalbarOnline, Pontianak – Puluhan ribu jemaah muslimin dan muslimat asal Kota Pontianak dan sekitarnya memadati jalan depan kantor Wali Kota, Jalan Rahadi Oesman, Rabu (20/2/2019) malam.

Tumpah ruah puluhan ribu jamaah ini dalam rangka menghadiri Kalbar Bersholawat dan Bertabayun.

Jemaah yang mayoritas generasi millenial ini tak henti-hentinya melantunkan sholawat pada acara yang mengusung tema ‘Melalui Persatuan Umat Kita Jaga Kebhinnekaan Guna Menyukseskan Pemilu 2019’ ini.

Acara Tabligh ini semakin semarak lantatan pihak panitia menghadirkan Gus Azmi dan grup sholawat Syubbanul Muslimin asal Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur.

Seperti diketahui, Guz Azmi atau bernama lengkap Muhammad Ulul Azmi Askandar al-Abshor merupakan vokalis grup sholawat Syubbanul Muslimin.

Nama Guz Azmi sangat populer di masyarakat khususnya generasi millenial saat ini. Acara yang digagas oleh Polda Kalbar, Bawaslu Kalbar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar ini diawali dengan lantunan sholawat dari Pasukan Asmaul Husna Polda Kalimantan Barat.

Sholawat diiringi tabuhan rebana oleh Majelis Al Fath yang dipimpin oleh Haji Rudi Mahali Ilyas.

Selain dihadiri berbagai elemen umat muslim, sejumlah alim ulama terlihat hadir pada Kalbar Bersholawat ini, di antaranya Habib Muhammad Alqadrie dan habib-habib lainnya baik yang berasal dari Kalbar maupun luar Kalbar.

Baca Juga :  Waduh, Gubernur Sebut Pembangunan PLBN di Kalbar Kurang Manfaat

Sejumlah pejabat juga tampak hadir diantaranya Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah, perwakilan Komisioner KPU Kalbar, perwakilan Pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Anwar Nasir dan tamu undangan lainnya.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menilai acara ini sebagai wujud syukur atas nikmat Allah dalam menciptakan rasa aman, damai dan tentram di Kalbar khususnya Kota Pontianak.

Sehingga, penyelenggaraan agenda-agenda nasional di Kalbar sukses. Seperti, perayaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2019 di Kota Singkawang dan Kota Pontianak, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan lainnya.

“Itu semua berkat dukungan dan partisipasi kita semua. Provinsi Kalbar meraih predikat kinerja terbaik dalam mengelola kerukunan umat beragama. Kita benar-benar provinsi bertoleransi dengan seluruh agama maupun etnis,” terangnya di hadapan jemaah.

Pencapaian itu membuktikan masyarakat Kalbar adalah masyarakat cinta damai, sangat bertoleransi dan junjung tinggi harmonisasi, serta sangat menghargai perbedaan sebagai salah satu kekayaan khas Kalbar lebih khususnya Kota Pontianak.

“Dalam acara sholawat ini, saya perkirakan yang hadir sekitar 50 ribu. Umumnya didominasi generasi millenial. Ke depan, kita akan songsong agenda nasional Pemilu 2019. Diperlukan peran generasi millenial yang proaktif dalam menjaga kamtibmas dan mendukung program-program pembanguann baik tingkat nasional, daerah sampai kecamatan dan desa,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekda Kalbar: Indonesia Akan Menjadi 4 Negara Besar Dunia di 2045!

Generasi millenial, kata dia, adalah generasi akrab dengan pemanfaatan teknologi dan informasi global seperti internet, media sosial (medsos) danfintech. Tentunya, teknologi itu harus dimanfaatkan sebagai wadah untuk mendidik dan mengajak pada kebaikan.

“Sesama generasi millenial adalah generasi membangun dan berperan dalam menghadapi ancaman-ancaman penyalahgunaan medsos seperti berita hoaks, isu negatif yang timbul seperti polarisasi, provkasi dan ujaran kebencian. Itu semua harus dilawan oleh generasi millenial yang sangat melek dengan teknologi dan informasi,” imbuhnya.

Sosok Guz Azmi dan grup sholawat Syubbanul Muslimin merupakan teladan generasi millenial yang mengajak anak-anak muda untuk giat bersholawat dan bertabayun. Mereka hadir untuk mendoakan Kalbar aman, tertib dan sukses dalam segala kegiatan.

“Semua harus menjadikan Provinsi Kalbar sebagai percontohan provinsi lain, terutama dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Tentunya kita ingin daerah kita paling aman, paling elegan dan bermanfaat,” harapnya.

Dalam perspektif keamanan, Polda Kalbar selalu bekerja bersama-sama dengan komponen masyarakat dalam rangka mengamankan setiap kegiatan berjalan lancar, aman dan sukses.

“Hal itu sebagai wujud tugas pokok kepolisian bersama dengan unsur TNI dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban,” tandasnya. (Fai)

Comment