MTQ ke-32 Kecamatan Pontianak Kota Digelar

KalbarOnline, Pontianak – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-32 tingkat Kecamatan Pontianak Kota tahun 2024 mulai digelar, pada Sabtu (27/01/2024) di Pondok Al Adabiy, Jalan Danau Sentarum Kecamatan Pontianak Kota, kota Pontianak.

Kegiatan itu dibuka oleh Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian di Aula Kantor Camat Pontianak Kota.

Ani dalam kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Pontianak Kota merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rohani disamping kebutuhan jasmaniah.

Menurutnya, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kecamatan Pontianak Kota tidak hanya cukup terpenuhinya pembangunan fisik, sarana dan prasarana semata, tetapi harus diimbangi dengan pembangunan mental spiritual.

Pj Wali Kota Pontianak Ani, Sofian bersama tamu undangan menabuh beduk menandai secara simbolis dimulainya MTQ ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota. (Foto: Prokopim Pontianak)
Pj Wali Kota Pontianak Ani, Sofian bersama tamu undangan menabuh beduk menandai secara simbolis dimulainya MTQ ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Melalui MTQ ini juga sebagai penuntun sekaligus pengendalian diri dari nafsu yang menyimpang sekaligus filter dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi,” ujarnya.

Ani melanjutkan, pelaksanaan MTQ ini menjadi penting dan strategis di dalam pembangunan sumber daya manusia di Kota Pontianak, karena Al Quran mengutamakan pendidikan akhlak yang menjadi benteng dari segala hal yang bertentangan dengan norma kehidupan di masyarakat.

Baca Juga :  Hadiri Syukuran HUT ke-68 Polairud, Ini Kata Kapolda Kalbar

“Kita menyadari bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat tanpa dibarengi dengan penerapan pengetahuan agama yang baik dan benar akan berbahaya bagi kehidupan generasi muda,” ungkap Ani.

MTQ Tingkat Kecamatan Pontianak Kota ini sebagai upaya untuk menciptakan generasi yang Qurani dan juga sekaligus sebagai ajang seleksi qori dan qoriah, hafiz dan hafizah terbaik yang nantinya akan mewakili kecamatan di MTQ Tingkat Kota Pontianak.

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian berfoto bersama pengurus LPTQ Kota Pontianak dan tamu undangan. (Foto: Prokopim Pontianak)
Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian berfoto bersama pengurus LPTQ Kota Pontianak dan tamu undangan. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Namun yang terpenting dengan pelaksanaan MTQ, mari kita lantunkan dan gemakan ayat-ayat Al Quran, kemudian kita tanamkan dan pahami dalam hati maknanya, lalu kita laksanakan ajaran itu dalam kehidupan kita sehari-hari,” ajaknya.

Ketua Panitia MTQ ke-32 Tingkat Kecamatan Pontianak Kota, Endang Rusmawaty menjelaskan, MTQ tahun ini, memperlombakan sebanyak 13 cabang.

Baca Juga :  Covid Usai, Namun Rute Penerbangan Pontianak - Kuching di Bandara Supadio Belum Dibuka

“Dengan total keseluruhan peserta berjumlah 133 peserta,” sebutnya.

Adapun rincian cabang dan jumlah peserta terdiri dari Tartil Anak-anak sebanyak 12 peserta, Tilawah Anak-anak 12 peserta, Tilawah Remaja 12 peserta, Tilawah Dewasa 2 peserta, Tartil Usia Emas 12 peserta, Qira’at Sab’ah Mujawah Dewasa 2 peserta, Qira’at Sab’ah Murattal Dewasa 12 peserta, Qira’at Sab’ah Murattal Remaja 12 peserta, Tahfidz 1 Juz 12 peserta, Tahfidz 5 Juz 10 peserta, Tahfidz 10 Juz 12 peserta, Tahfidz 20 Juz 2 peserta, Tahfiz 30 Juz 2 peserta.

“Pelaksanaan pembukaan dan penutupan MTQ digelar di Aula Kantor Camat Pontianak Kota, sedangkan untuk perlombaannya akan digelar di Pondok Al Adabiy di Jalan Danau Sentarum,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment