Sutarmidji Pastikan Tahun Ajaran Baru Sekolah Negeri di Kalbar Gratis

Resmikan UPT Satuan Pendidikan SMPN 1 Seberuang

Harap anak pedalaman wajib belajar 9 tahun

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Gubernur Kalbar, Sutarmidji memastikan perlengkapan sekolah di daerah pedalaman Kalbar akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan sekolah yang ada di perkotaan secara bertahap.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat menyerahkan bantuan kepada siswa usai meresmikan UPT Satuan Pendidikan SMPN 1 Seberuang
Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat menyerahkan bantuan kepada siswa usai meresmikan UPT Satuan Pendidikan SMPN 1 Seberuang (Foto: Humas Pemprov Kalbar)

“Saya maunya di sekolah-sekolah yang ada pedalaman itu juga harus mendapatkan fasilitas pendidikan yang baik. Jangan ada kursi dan meja untuk belajar yang goyang-goyang, nanti kita bantu sebanyak 200 meja dan kursi seperti di sekolah Kota Pontianak. Tahun ini lebih dari Rp20 miliar kita anggarkan untuk kursi dan meja, mungkin tahun depan akan lebih besar lagi,” ujar Sutarmidji usai meresmikan gedung UPT satuan pendidikan SMP Negeri 1 Seberuang, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga :  Minta Masyarakat Taati Perda Larangan Merokok di Tempat Umum, Wabup Berikan Contoh Nyata Dengan Berhenti Merokok

Ia pun berharap agar anak-anak yang ada di pedalaman Kalbar tetap bersekolah sampai 9 tahun pada pendidikan dasar yaitu mulai dari kelas 1 Sekolah Dasar (SD) hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sesuai dengan program Presiden Jokowi di tahun 2019 yang menekankan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga :  Bupati Nasir Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Polres Kapuas Hulu

“Nanti tahun ajaran baru pada bulan Juni atau Juli, sekolah negeri sudah tidak lagi bayar alias gratis, supaya anak Kalbar tamat sekolah minimal tamat SMA,” tegasnya.

Sutarmidji juga sudah berbicara dengan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi terkait seluruh politeknik yang ada di Kalbar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Kemarin Bapak Menristekdikti bilang ke saya akan membenahi politeknik yang ada di seluruh Kalbar. Rencananya Dalam waktu dekat, Menteri akan berkunjung ke Kalbar untuk meninjau politeknik yang ada di Kalbar,” pungkasnya. (*/Fai/Haq)

Comment