Deteksi Dini Gangguan Kamtibmas, Keberadaan Poskamling Diperlukan

KalbarOnline, Kubu Raya – Penanganan pertama tentang keamanan, ketertiban, serta ketentraman di lingkungan masyarakat desa maupun kota menjadi tugas Satlinmas dalam peran tersebut diperlukan sarana dalam hal memantau peristiwa-peristiwa tersebut. Seperti Poskamling yang menjadi kebutuhan dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi Satlinmas.

“Memang saat ini, keberadaan poskamling di setiap desa sudah terbilang langka, karena masyarakat lebih memberikan kepercayaan gangguan Kamtibmas kepada aparat penegak hukum seperti pihak Kepolisian. Namun walaupun seperti itu, Satlinmas juga tetap berperan sebagai perpanjangan tangan dalam penanganan kamtibmas di daerahnya masing-masing,” ucap, Mantab Maraden Tambunan, Kasi Perlindungan Masyarakat dan Potensi Bina Masyarakat Satpol PP Kubu Raya, ditemui usai sosialisasi pembekalan Satlinmas Kubu Raya, di ruang kerjanya, Senin (26/11/2018) siang.

Baca Juga :  Perhatian Sutarmidji Diakui Sujiwo Menambah Semangatnya untuk Sembuh dari Covid

Tambunan mengatakan pihaknya telah memberikan pengarahan kepada setiap Kepala Desa untuk menganggarkan pembangunan Poskamling dari anggaran desa. Menurutnya keberadaan Poskamling sangat diperlukan dalam mendeteksi penanganan gangguan Kamtibmas.

Baca Juga :  DSPMD KKR : Lima Desa Persiapan Diikutsertakan Dalam Pilkades 2019

“Sebelumnya telah kita bicarakan dengan dewan untuk memprioritaskan fungsi Satlinmas yang juga disebutkan dalam pertemuan tersebut untuk membangun Poskamling di setiap desa artinya jangan hanya dalam hal pembinaan kepada anggota Satlinmas saja namun prasarananya juga mesti dibangun agar tugas fungsi Satlinmas menjadi optimal,” tegasnya. (ian)

Comment