Pemkab Ketapang: Kobarkan Semangat Pahlawan, Harumkan Nama Bangsa

Pemkab Ketapang dan Forkopimda Ketapang saat ziarah ke makam pahlawan usai upacara bendera peringatan Hari Pahlawan ke-73
Pemkab Ketapang dan Forkopimda Ketapang saat ziarah ke makam pahlawan usai upacara bendera peringatan Hari Pahlawan ke-73 (Foto: Adi LC)

Peringatan Hari Pahlawan ke-73

KalbarOnline, Ketapang – Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang diperingati dengan menggelar upacara bendera yang berlangsung di halaman kantor Bupati Ketapang, Senin (12/11/2018).

Upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si selaku Inspektur Upacara turut dihadiri oleh Forkopimda serta pelajar se-Kota Ketapang.

Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Pahlawan Tanjungpura.

Sekda Ketapang, Farhan dalam amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa tema Hari Pahlawan tahun 2018 yakni ‘Semangat Pahlawan Di Dadaku’ mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

“Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial,” tegas Sekda Ketapang membacakan amanat Mensos RI.

Dilanjutkannya bahwa, negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri 4.0.

Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, Mensos RI mengajak untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

“Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara. Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” tutupnya.

Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan ziarah ke Makam Pahlawan Tanjungpura. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar