Festival Pesona Lokal, Promosikan Kearifan Lokal

KalbarOnline, Pontianak – Pontianak menjadi salah satu kota dari sembilan kota di Indonesia tempat digelarnya Festival Pesona Lokal.

Festival ini merupakan even dari program Corporate Social Responsibility (CSR) sebuah perusahaan finansial dan Stasiun Televisi Swasta bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

Festival ini diawali dengan Karnaval Budaya yang menampilkan keanekaragaman budaya di depan Taman Alun Kapuas, Minggu (14/10/2018).

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yang ikut mendukung dalam mempromosikan kekayaan budaya yang ada di Kalbar.

Menurutnya, Kalimantan merupakan suatu kawasan yang memiliki banyak potensi dalam segala hal. Mulai dari keunikan alam, budaya, bahasa, kuliner dan lainnya.

“Kedepannya, kita akan kemas lebih baik lagi. Pemprov Kalbar akan ikut mendukung sehingga even ini menjadi bagian dari even bersama antara Pemkot dengan Pemprov dalam rangka kita lebih mengenalkan Kalbar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, meskipun Kalbar memiliki sumber daya alam (SDA), pariwisata ke depan harus menjadi sumber pendapatan daerah yang utama. Sebab, lanjut dia, sekaya apapun SDA yang dimiliki, semua itu lambat laun akan habis.

Baca Juga :  Bupati Rupinus Buka Gebyar Natal ke IV Sekadau

“Oleh sebab itu obyek wisata yang ada kita pertahankan dan itu tidak akan habis,” tukas Sutarmidji.

Adanya Festival Pesona Lokal yang menampilkan kekayaan budaya di Kalbar dinilainya sebagai salah satu bentuk upaya menggali budaya.

Terlebih, Kalbar memiliki kekayaan alam, kuliner, budaya, bahasa dan sebagainya, semua itu harus diangkat atau diperkenalkan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Mungkin ada budaya yang sudah mulai dilupakan orang dan itu terus kita gali kembali dan bisa menjadi hal yang menarik untuk dikemas sebagai obyek wisata,” sebutnya.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, Festival Pesona Lokal ini merupakan salah satu rangkaian untuk memeriahkan Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke-247.

“Pontianak menjadi salah satu kota dari sembilan kota di Indonesia untuk penyelenggaraan Festival Pesona Lokal ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Harisson Tutup Turnamen Sepak Bola antar OPD Pemprov Kalbar

Festival ini, kata Edi, untuk mempromosikan kearifan lokal di Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya. Melalui kegiatan ini, ia berharap menjadi langkah lanjutan dalam meningkatkan potensi yang dimiliki Kota Pontianak.

“Sehingga kota ini bisa berdaya saing, menjadi kota wisata, kota budaya, yang nantinya juga akan menjadi kota yang dirindukan, yang nyaman, baik bagi warga Pontianak maupun tamu dari luar yang berkunjung ke Pontianak,” tuturnya.

Potensi Sungai Kapuas juga menjadi fokus pihaknya untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata air.

“Kita terus meningkatkan potensi Sungai Kapuas menjadi suatu kawasan wisata yang menarik sebagai tempat berekreasi, baik bagi warga lokal maupun tamu dari luar Pontianak,” pungkasnya.

Selain Karnaval Budaya, Festival Pesona Lokal juga diisi dengan Lomba Mural, Kreasi Masakan Daerah, Pasar Rakyat dan lainnya. (ind)

Comment