Edi Optimis Hari Bakcang Bisa Jadi Daya Tarik Wisata

KalbarOnline, Pontianak – Perayaan Hari Bakcang menjadi tradisi tahunan yang dirayakan masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Bakcang merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa dan memiliki hari bakcang tersendiri.

Makanan dari beras ketan yang diisi daging atau ayam cincang berbumbu ini pertama kali muncul pada zaman dinasti Zhou.

Menurut legenda, bakcang dibuat karena simpati rakyat kepada Qu Yuan yang bunuh diri dengan cara melompat ke Sungai Miluo. Saat itu masyarakat melemparkan bakcang ke sungai dengan maksud agar binatang air tidak memakan jasad Qu Yuan dan beralih menyantap bakcang yang dilemparkan.

Di Kota Pontianak, perayaan Hari Bakcang digelar oleh Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kota Pontianak di atas kapal wisata tepian Sungai Kapuas, Kamis (22/06/2023). Perayaan itu ditandai dengan melempar bakcang ke Sungai Kapuas. 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono ikut menyantap bakcang dalam acara perayaan Hari Bakcang di atas kapal wisata tepian Sungai Kapuas, Kamis (22/06/2023). (Foto: Indri)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono ikut menyantap bakcang dalam acara perayaan Hari Bakcang di atas kapal wisata tepian Sungai Kapuas, Kamis (22/06/2023). (Foto: Indri)

Beberapa warga Tionghoa dengan menggunakan perahu motor kecil menyusuri sungai dan mandi di Sungai Kapuas sebagai bagian dari ritual. Tradisi ini dikenal dengan nama tradisi mandi Peh Cun yang dilaksanakan pada tengah hari, dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB tatkala matahari tepat berada di atas kepala.

Baca Juga :  Bebby Nailufa Gelar Seminar Enterpreneur Leadership

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono ikut serta melempar bakcang dari atas kapal bersama tamu undangan lainnya. Bakcang yang dilempar ke sungai sesekali disambut oleh warga yang tengah mandi di sungai yang mengitari kapal wisata.

Edi mengatakan, budaya Tionghoa dalam merayakan Hari Bakcang ini patut dilestarikan sebagai bagian dari khasanah budaya yang ada di Kota Pontianak. Meski budaya ini merupakan budaya lama namun masih dijalankan oleh warga Tionghoa di kota ini.

“Mudah-mudahan budaya ini bisa memberikan inspirasi dan memberikan manfaat terutama menjalin interaksi dan masyarakatnya semakin guyub,” ucapnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menghadiri ritual melempar bakcang dalam acara perayaan Hari Bakcang di tepian Sungai Kapuas, Kota Pontianak, Kamis (22/06/2023). (Foto: Indri)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menghadiri ritual melempar bakcang dalam acara perayaan Hari Bakcang di tepian Sungai Kapuas, Kota Pontianak, Kamis (22/06/2023). (Foto: Indri)

Tak hanya itu, lanjutnya lagi, perayaan bakcang ini memberikan dampak pada geliat perekonomian di Kota Pontianak. Betapa tidak, warga Tionghoa yang hendak mandi di Sungai Kapuas, beberapa diantaranya ada yang menyewa perahu motor air sebagai transportasi. 

Baca Juga :  Hari AIDS Sedunia, Wali Kota Pontianak Minta Jangan Ada Diskriminasi ODHA

“Saya optimis jika budaya ini dikemas dengan baik maka semakin tahun semakin banyak menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya, dan bukan tidak mungkin ini bisa menjadi agenda event di Kota Pontianak,” imbuh Edi.

Menyaksikan antusias peserta yang meramaikan dengan mandi di sungai dan melempar bakcang, dia berpendapat bahwa tradisi ini bisa menjadi sebuah paket wisata sungai terutama bertepatan perayaan Hari Bakcang.

“Saya optimis ini juga menjadi bagian daya tarik wisata karena sangat menarik minat orang yang menyaksikannya, apalagi tamu-tamu dari luar Pontianak,” pungkasnya.

Perayaan Hari Bakcang berasal dari Tiongkok yang usianya sudah mencapai 2.300 tahun. Perayaan ini digelar setiap tahunnya pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek. Secara umum, perayaan Hari Bakcang adalah dengan memakan bakcang. Selain itu, pada perayaan tersebut juga ada tradisi mandi tengah hari. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment