Wagub Kalbar Apresiasi Kesiapsiagaan Polda Kalbar Dalam Pengamanan Pemilu 2019

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H. Ria Norsan, MM., MH mengapresiasi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya Polda Kalimantan Barat.

“Ini bentuk kesiapan dan sikap antisipasi kamtibmas dalam rangka mengamankan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2019,” kata Ria Norsan usai menyaksikan Simulasi Simpakota di Taman Alun Kapuas, Selasa (25/9/2018).

Norsan mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu Presiden dan legislatif 2019 merupakan pesta demokrasi dan harus bejalan dengan aman, damai dan dan rasa sukacita, karena dalam rangka mencari pemimpin untuk lima tahun kedepannya.

“Keamanan agar berjalan lancar dan damai pelaksaan Pilpres tidak saja menjadi tanggung jawab semata aparat keamanan, tetapi sudah menjadi tanggung jawab kita semua seluruh bangsa Indonesia, aparat dan masyarakat bersatu untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :  Baru 5 Tahun Jabat, Jalan Mantap Provinsi Sudah Capai 80 Persen, Sutarmidji: Apalagi Kalau 2 Periode

Wagub Kalbar juga meminta kepada masyarakat Kalbar harus dapat mempertahankan situasi dan walayah Kalbar yang sudah kondusif dan damai ini.

“Mari pertahankan wilayah kita tetap dalam keadaan yang kondusif,” ajaknya.

Sementara Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga rasa persatuan.

“Pupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Jangan hanya perbedaan pilihan membuat kita tercerai berai. Biasa perbedaan dalam pilihan dan dukungan, namun usai pelaksanaan pemilihan kita harus kembali bersama dan bersama-sama menjaga keutuhan Negara RI, pesta demokrasi lima tahun tersebut merupakan pelaksaan demokrasi,” kata Kapolda.

Baca Juga :  Bupati Jarot Gelar Buka Puasa Bersama Sekaligus Launching Kelompok Pengajian Khoiru Ummah

Meski dibawa rintik hujan yang sempat mengguyur Kota Pontianak, tidak menyurutkan para petugas yang telah siap siaga dengan dilengkapi berbagai perlengkapan pengamanan dalam simulasi yang ditampilkan, diantaranya mulai dari pengaman Kampanye Pilpres, masa tenang, pelaksanaan pemungutan suara (penyeblosan) sampai penghitungan suara dan pengamanan kantor KPU serta aksi masa yang mengganggu pelaksanaan Pilpres 2019.

Simulasi Simpakota yang digelar Polda Kalbar dihadiri Pangdam XII tanjungpura, jajaran Polda Kalbar dan seluruh Kapolres. (*/Fai)

Comment