Bupati Jarot Gelar Buka Puasa Bersama Sekaligus Launching Kelompok Pengajian Khoiru Ummah

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menggelar buka puasa bersama sekaligus melaunching pengajian Ulama, Umarah dan Zu’ama Khoiru Ummah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sintang di Aula Pendopo Bupati Sintang, Minggu sore (27/5).

Bupati Jarot mengatakan bahwa buka puasa bersama tersebut merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Sintang saat Bulan Suci Ramadhan baik dilaksanakan dirinya selaku Bupati Sintang maupun dilaksanakan oleh Wakil Bupati Sintang, hal itu bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi antar pejabat pemerintah maupun pemerintah dengan ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat.

“Hari ini juga sekaligus launching kelompok pengajian Khoiru Ummah, jadi ini kelompok pengajian yang mengkaji-lah dan menampilkan bahwa Islam ini adalah Islam yang ramah yakni Rahmatan Lil Alamin,” kata Bupati Jarot.

Bupati Jarot menilai kelompok pengajian ini sangat penting selain untuk menjalin tali silaturahmi antar ulama dengan pemerintah, kajian tentang agama, tausiyah, pengajian tersebut juga untuk mengkaji hal-hal yang kontektual seperti peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu adanya aksi terorisme di Surabaya dan tempat lainnya.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Melalui Pembangunan Rumah Betang

“Kelompok pengajian ini pun bisa membuat statement bersama sebelum kita deklarasi bersama-sama bahwa kita di Sintang tidak takut teroris, kira-kira gitulah,” terang Bupati Jarot.

Bupati menjelaskan pengajian ini akan dilakukan setiap bulan dengan tempat yang berbeda seperti di kantor MUI Sintang, kantor LPTG, kantor pemerintahan, kediaman pribadi pejabat pemerintah dan lainnya.

“Inikan gagasannya Kementrian Agama dan MUI dengan Pemerintah Kabupaten, dulu pernah ada tapi tidak berjalan dengan baiklah, sekarang harus kita optimalkanlah,” jelasnya.

Sementara itu dalam tausiyahnya, Ustadz Rohendi mengingatkan kepada umat Islam yang hadir dalam acara tersebut maupun umat Islam Kabupaten Sintang bahwa menjalankan Ibadah puasa Ramadhan itu harus Ikhlas karena takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala bukan menjalankan puasa karena takut kepada selain Allah.

“Jangan sampai kita puasa ini misalnya karena takut kepada suami, takut kepada istri, takut kepada tetangga, takut kepada pak RT atau sebagainya, kita harus jalankan Ibadah Puasa ini hanya karena kita takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” seru Ustadz Rohendi.

Baca Juga :  Bupati Jarot Sebut Pelatihan SAR di Sintang Sangat Diperlukan

Selain itu juga Ustadz Rohendi mengajak Umat yang hadir secara khusus umat Islam di Kabupaten Sintang untuk tetap Istiqomah atau tetap konsisten menjalankan ibadah puasa Ramadhan maupun ibadah-ibadah lainnya, karena saat bulan Ramadhan ini pintu surga di buka selebar-lebarnya dan pintu neraka di tutup rapat oleh Allah.

“Kata Al Qur’an orang-orang yang cerdas itu adalah orang-orang yang selalu mengingat Allah sehingga ini momentum Ramadhan, ini momentum terbaik ayo kita berlomba-lomba melakukan amal-amal kebajikan,” ajaknya.

Buka puasa bersama sekaligus launching pengajian Ulama, Umarah dan Zu’ama Khoiru Ummah bersama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sintang ini dihadiri para ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, masyarakat, aparatur sipil negara Pemkab Sintang, anak yatim, dan pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Sintang Jarot Winarno menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu yang hadir. (Sg/Hms)

Comment